3 Daerah di Indonesia Yang Tak Pernah Merasakan Dijajah, Belanda Tak Berani Macam-macam

3 Daerah di Indonesia Yang Tak Pernah Merasakan Dijajah, Belanda Tak Berani Macam-macam

Wilayah Kerajaan Buton merupakan daerah yang belum pernah dijajah oleh negara Belanda--

RADARMUKOMUKO.COM - Berdasarkan catatan sejarah, Indonesia hidup dalam penjajahan bangsa asing hingga ratusan tahun. Belanda adalah negara paling lama menduduki Indonesia.

Namun selain ada beberapa daerah yang sulit ditaklukkan oleh Belanda, seperti Aceh, Bali hingga Nias, juga ada daerah yang sama sekali tidak pernah dijajah Indonesia.

Melansir dari berbagai sumber, pertama yang sama sekali tidak pernah di jajah adalah, Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Hingga penduduk di pulau ini tidak pernah mengalami kerja paksa oleh kolonialisme

Pada dasarnya kaum penjajah, seperti Portugis serta Belanda melakukan ekspansi ke Maluku, namun mereka tidak berani macam-macam dan lebih memilih menjalin kerjasama baik dengan Kerajaan Buton.

Kerajaan Buton kala itu adalah penguasa perairan di Maluku, maka bangsa Eropa harus menjalin hubungan mitra yang baik jika ingin menggunakan pelabuhan mereka. 

Juga dikatakan Buton dulunya merupakan kerajaan sendiri. Kerajaan ini memiliki sistem pemerintahan yang cukup ideal dengan adanya raja, perdana menteri, tentara sebagai badan pertahanan dan tentunya rakyat. 

BACA JUGA:Tugas Babu Era Penjajahan Belanda di Indonesia, Sumur, Dapur, Kasur hingga Babak Belur

BACA JUGA:Alasan Warga Indonesia Tidak Bisa Bahasa Penjajah Belanda, Beda dengan Malaysia dan Singapura

Kerajaan Buton sudah lama  menjalin hubungan dengan pihak asing yang melintasi kawasan perairannya. 

Kerajaan Buton juga selalu memantau pergerakan bajak laut, sehingga untuk itulah dibutuhkan tentara. 

Pada tahun 1538 Kerajaan Buton beralih menjadi Kesultanan Buton sejak dipimpin oleh Murhum Sultan Kamuddin Khalifatul Khamis seiring dengan masuknya agama Islam yang dibawa oleh para pedagang. 

Wilayah Kerajaan Buton ini juga secara resmi baru bergabung dengan Indonesia pada tahun 1960.

Sekarang, Buton terbagi menjadi beberapa kabupaten, Kota Bau-Bau, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Bombana, Kabupaten Buton Selatan dan Kabupaten Buton Tengah.

Berikutnya yang tidak pernah dijajah adalah, 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: