Tradisi Kuno Suku di Indonesia dari Sumatera Hingga Papua, Mas Kawin Kepala Hingga Potong Jari

Tradisi Kuno Suku di Indonesia dari Sumatera Hingga Papua, Mas Kawin Kepala Hingga Potong Jari

Tradisi Kuno Suku di Indonesia dari Sumatera Hingga Papua, Mas Kawin Kepala Hingga Potong Jari--

RADARMUKOMUKO.COM - Indonesia terkenal dengan negara beragam suku bangsa yang menghuni semua pulau. Setiap suku sudah pasti punya tradisi dan ritualnya sendiri. Dari tradisi unik, nyeleneh hingga mengerikan.

Ritual-ritual yang mengerikan dan aneh tersebut semua sudah ditinggakan, masyarakat hidup dalam modernisasi dengan tatanan sosial yang sudah berpijak pada ajaran agama dan kepercayaan.

Walau demikian, sejarahnya tetap terus dikenang hingga sekarang, karena ini bagian dari sejarah keragaman bangsa Indonesia.

BACA JUGA:Kisah Nyai Dasima Gundik Petinggi Belanda, Tragedi Cinta Yang Berakhir Tragis

BACA JUGA:Las Vegasnya Indonesia, Marina City Batam Surganya Dunia Malam, Menjadi Kota Seram, Begini Penampakannya

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah tradisi yang terkesan seram dan bikin merinding di Indonesia:

Mas Kawin Kepala Manusia

Pernikahan tentunya menjadi momen yang paling bahagia bagi sepasang kekasih. Biasanya yang menarik dari pernikahan adalah acara pra penikahan, seperti memilih mas kawin yang akan diberikan dari pihak calon suami kepada calon istri.

Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan mas kawin yang indah dan memorable bagi sang mempelainya. Namun, ternyata terdapat mas kawin yang menyeramkan yaitu mas kawin kepala manusia. 

Penyerahan mas kawin tersebut dilakukan oleh suku Naulu di Maluku. Tradisi ini hanya dilakukan ketika melamar anak raja Naulu.

BACA JUGA:Kala Presiden Soekarno Diprank Idrus dan Markonah Raja dan Ratu Suku Anak Dalam, Ternyata PSK dan Tukang Becak

BACA JUGA:Tradisi Titi yang Menyakitkan Suku Mentawai, Membuat Tato Tradisional Dengan Jarum Bambu

Suku Naulu merupakan suku yang tersebar di Pulau Seram, yaitu Dusun Nuanea dan Dusun Sepa. Tradisi ini mengharuskan calon menantu sang raja untuk membawakan kepala manusia sebagai mas kawin. 

Penyerahan mas kawin ini ditujukan sebagai simbol kejantanan dan keberanian sang pria. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: