Tradisi Kuno Suku di Indonesia dari Sumatera Hingga Papua, Mas Kawin Kepala Hingga Potong Jari

Tradisi Kuno Suku di Indonesia dari Sumatera Hingga Papua, Mas Kawin Kepala Hingga Potong Jari

Tradisi Kuno Suku di Indonesia dari Sumatera Hingga Papua, Mas Kawin Kepala Hingga Potong Jari--

Sejak saat itu ia mendapatkan banyak berkah seperti panen yang lebih cepat atau hasil buruannya yang baik. Ia merasa bahwa menghormati orang itu perlu dilakukan sekalipun orang tersebut sudah tidak ada dan salah satunya merawat jenazahnya.

Kanibalisme, Papua

Ada suku tertentu yang kerap melakukan perbuatan mengerikan ini di hutan-hutan pedalaman. Tercatat beberapa tahun lalu terdapat laporan praktik kanibalisme oleh Suku Korowai. 

Laporan itu menyebutkan seorang ayah tega memakan putrinya sendiri berusia tiga tahun.

Caranya sangat sadis, yakni sang gadis kecil itu dimakan dengan digigit lehernya, dan dinikmati daging dan darahnya sebagaimana orang makan tanpa berpikir rasa berdosa. 

Namun, ritual kanibalisme tersebut hanya dilakukan terhadap para pelanggar adat dan hukum.

Pengusiran Begu Ganjang, Suku Batak 

Begu Ganjang merupakan makhluk halus yang dipercaya oleh etnis Batak Toba terutama di Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Hantu ini dinamakan begu ganjang yang artinya hantu panjang. 

Sosok ini konon berwujud tinggi besar dengan rambutnya yang panjang dan wajah yang mengerikan. Keberadaan hantu ini dipercaya oleh masyarakat Batak sebagai pembawa keburukan atau kesialan seperti warga yang meninggal secara tiba-tiba dan jatuh sakit.

BACA JUGA:Sungguh Malang Wanita dari Lima Suku Ini, Jalani Tradisi Yang Menyakitkan Lahir Batin

BACA JUGA:Inilah Suku naulu Pemburu Kepala di Pulau Seram, Ini Motif dan Makna di Balik Tradisi Mereka

Tradisi ini mereka lakukan dengan mendatangkan dukun yang akan memimpin ritual untuk membersihkan desa mereka dari ilmu hitam termasuk begu ganjang. 

Hantu ini merupakan kepercayaan sebagian masyarakat saja, dan menjadikannya sebagai peliharaan. Tradisi ini termasuk tradisi kepercayaan yang berbahaya, karena orang-orang yang memelihara begu ganjang ini kerap dibunuh oleh orang-orang yang membenci ilmu-ilmu hitam karena dianggap meresahkan.

Tradisi Memotong Jari dari Suku Dani Papua

Suku Dani adalah salah satu suku di bagian timur Indonesia yang mempunyai tradisi cukup mengerikan. Jika ada anggota keluarga yang meninggal dunia, suku ini akan memotong jari mereka sebagai bentuk rasa duka dan sebagai upaya untuk mencegah malapetaka tidak terjadi kembali dalam keluarga yang berduka.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: