Ratu Kalinyamat Penguasa Jepara, Penggebrak Kekuatan Maritim Tangguh Yang Diakui oleh Penjajah Portugis

Ratu Kalinyamat Penguasa Jepara, Penggebrak Kekuatan Maritim Tangguh Yang Diakui oleh Penjajah Portugis

Ratu Kalinyamat Penguasa Jepara, Penggebrak Kekuatan Maritim Tangguh Yang Diakui oleh Penjajah Portugis--

RADARMUKOMUKO.COM - Namanya mungkin tidak setenar tokoh-tokoh pahlawan nasional lainnya, namun pada masanya, sosok wanita satu ini merupakan tokoh sentral yang menentukan dalam pengambilan berbagai keputusan serta membangun kekuatan maritim untuk menyambut Portugis.

Ia adalah Ratu Kalinyamat nama asli Ratu Kalinyamat adalah Retna Kencana. Sang satu merupakan profil nenek seorang pelaut yang patut di teladani di nusantara ini.

BACA JUGA:Siti Manggopoh, Sosok Pejuang Perempuan Yang Terlupakan Pernah Tewaskan 53 Serdadu Belanda

Secara genealogis Ratu Kalinyamat memiliki keturunan langsung dengan pendiri kerajaan Demak, Raden Patah melalui anaknya, Sultan Trenggana. 

Seperti sudah dikenal luas Raden Patah pendiri Kesultanan Demak memang sejak awal memiliki perhatian lebih terhadap perkembangan maritim.

Pada abad ke-16 Ratu Kalinyamat berhasil membawa Jepara pada puncak kejayaannya selama 30 tahun kekuasaannya.

Saat menjadi penguasa Jepara, Ratu Kalinyamat dikenal sebagai seorang patriot, pemberani, dan ahli strategi perang yang berhasil membangun kekuatan maritim yang ditakuti, untuk menjaga Tanah Air dari bangsa penjajah.

Salah satu Kiprah Sang Ratu saat menghadapi Portugis, ini memberikan pelajaran tersendiri bagi bangsa ini akan arti persatuan dan kesatuan.

Saat itu pula, Ratu Kalinyamat berhasil membangun kekuatan angkatan laut yang besar dan kuat, serta mengembangkan potensi kemaritiman yang dimiliki Jepara.

Di bawah kekuasannya, Jepara menjadi kerajaan bahari di mana rakyatnya hidup tenteram dengan mengandalkan laut sebagai sumber utama penghidupannya. 

Sejarawan bernama Burger menyatakan bahwa meski daerah kekuasaannya kurang subur, Ratu Kalinyamat memiliki empat kota pelabuhan di Jepara, Juana, Rembang, dan Lasem. 

Pelabuhan itu tidak hanya berfungsi sebagai tempat transit, tetapi juga menjadi pengekspor gula, madu, kayu, kelapa, dan palawija, yang menjadi komoditas perdagangan antarpulau bahkan antarbangsa.

Ratu Kalinyamat pun sangat disegani rakyatnya berkat jasanya membawa Jepara mencapai masa keemasan dengan menjadi kota pelabuhan yang maju dan dilengkapi armada yang kuat.

BACA JUGA:Kakak Beradik Dari Belanda Datang Ke Indonesia Untuk Melawah Penjajah Demi Kemerdekaan RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: