Rahasia Kencantikan Turun-Temurun Para Wanita 6 Suku Terkenal di Indonesia

Rahasia Kencantikan Turun-Temurun Para Wanita 6 Suku Terkenal di Indonesia

Suku penghasil wanita cantik yang ada di Indonesia-Instagram-@wanita_balii dan @ dayak_nusantara

Konsep cantik masyarakat Banjar yang dimaknai sebagai kecantikan fisik yaitu kulit yang bersih dan bersinar diperoleh melalui berbagai perawatan tubuh dengan menggunakan ramuan-ramuan.

Selain melakukan perawatan kecantikan fisik, lanjut dia, mereka juga melakukan berbagai ritual untuk menghasilkan aura kulit yang bersih dan bersinar.

Salah satu, Batimung atau spa khas Banjar merupakan salah satu treatment kecantikan tradisional khas suku Banjar yang dipercaya bagus untuk perawatan tubuh. 

Selain untuk kecantikan ternyata batimung juga bagus untuk kesehatan karena tekhnik perawatannya dengan mengalirkan uap panas. Cara ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Perempuan Banjar zaman dulu juga menggunakan kayu bangkal untuk menghaluskan kulit (bahan ini sudah langka namun masih tetap digunakan oleh masyarakat Banjar sampai sekarang).

Suku Dayak

Suku Dayak merupakan salah satu suku bangsa yang mendiami pedalaman hutan tropis Pulau Kalimantan.

Wanita-wanita muda suku Dayak memiliki eksotisme kecantikan tersendiri yang akan menghipnotis setiap mata lelaki atau kaum Adam yang memandang mereka.

BACA JUGA:Wanita di Lima Suku Ini Tidak Boleh Cantik Hingga Alami Menderita Lahir Batin

Gadis Dayak yang dikenal memiliki kulit kuning langsat dan rambut yang hitam pekat. Terkadang, hal ini membuat gadis Dayak dianggap sebagai orang dengan keturunan Tionghoa karena ciri fisiknya yang mirip.

Hal ini tidak sepenuhnya salah. Menurut Fransiskus Suma, seorang budayawan Dayak, gadis-gadis Dayak yang memiliki kulit putih dan rambut hitam ini memang berasal dari percampuran keturunan suku Dayak asli dengan orang Tionghoa yang mulai datang ke Indonesia sejak 1368 hingga 1643. 

Tak ada resep rahasia yang dimiliki oleh gadis Dayak untuk mempertahankan daya pikat mereka. Dilahirkan dengan gen asli berkulit kuning langsat tidak membuat mereka menghitam meksipun berada di pulau yang sejajar dengan garis khatulistiwa.

Bedak beras memang terkenal dapat memutihkan kulit dan menjaga dari sengatan matahari secara alami. Tak sedikit orang yang menggunakannya juga sebagai masker.

Terkait rambut hitam yang pekat, gadis Dayak biasanya menggunakan jeruk limau dan buah langer (buah khas Kalimantan) untuk mencuci rambut agar tetap harum, indah, dan panjang. Khasiat buah langer ini juga dapat membuat uban pada rambut lebih lambat tumbuhnya.

Bahan-bahan alami yang membuat kulit lebih sehat dan tidak cepat menua menjadi salah satu kunci utama terpancarnya kecantikan gadis Dayak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: