Tidak Boleh Gunakan Air, Begini Cara Wanita Suku Himba Mandi Asap dan Layani Tamu Suami

Tidak Boleh Gunakan Air, Begini Cara Wanita Suku Himba Mandi Asap dan Layani Tamu Suami

Wanita Suku Himba mandi asap dan berhias lumpus--

RADARMUKOMUKO.COMSuku Himba ada di Nambia Utara, Kenya suku ini biasa disebut suku merah merupakan salah satu suku dipedalaman di Afrika.

Suku satu ini memiliki berbagai ritual dan tradisi unik dan kadang nyeleneh.

Salah satunya, wanita Suku Himba dilarang mandi air bahkan dibatasi menyentuh air sekedar untuk mencuci tangan yang kotor.

BACA JUGA:Tradisi Mengerikan Suku Aghori di India: Diduga Makan Mayat untuk Mendekatkan Diri dengan Tuhan

Walau suku himba tidak mengizinkan wanita untuk mandi, namun wanita dari suku ini tetap mereka dianggap yang paling cantik di benua itu.

Wanita Suku Himba punya rahasia untuk menjaga kecantikannya. Cara mereka mandi tidak memakai air melainkan menggunakan asap. 

Dimana denga menaruh arang bakar ke dalam mangkuk kecil berisi tanaman herbal (kebanyakan daun dan cabang kecil pohon Commiphora) dan menunggu asap naik.

Setelah itu mereka akan membungkuk di atas mangkuk yang berasap. Panas dari asap tersebut akan membuat mereka berkeringat.

BACA JUGA:5 Suku Asal Cowok Ganteng Indonesia, Tiga Diantaranya dari Pulau Sumatera

Untuk membersihkan tubuh secara menyeluruh, mereka akan menutup diri dengan selimut sehingga asap terperangkap di bawah kain.

Selain itu, wanita suku Himba juga melukis atau mengolesi tubuhnya dengan campuran lemak mentega dan oker (tanah merah), dua kali dalam sehari.

Mereka percaya, itu akan menjaga kulit terlindungi dari matahari dan serangga.

Orang-orang Himba percaya, warna merah itu indah dan melambangkan merahnya bumi dan darah. Wanita suku Himba mengenakan rok pendek dari kulit kambing sebagai pakaian mereka.

BACA JUGA:Wanita Menderita Lahir Batin Karena 5 Tradisi Suku Pedalaman Yang Nyeleneh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: