Sosok-sosok Pahlawan yang Berjasa dalam Sejarah Kemerdekaan Indonesia yang Jarang Dikenal

Sosok-sosok Pahlawan yang Berjasa dalam Sejarah Kemerdekaan Indonesia yang Jarang Dikenal

Laksamana Muda Tadashi Maeda--

RADARMUKOMUKO.COM – Indonesia merupakan salah satu negara di ASEAN yang memiliki sejarah panjang dalam memperoleh kemerdekaan.

Sebelum mendapatkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 yang di tandai dengan pembacaan Proklamasi Kemerdekaan oleh Presiden Soekarno. 

Indonesia harus melewati perjuangan panjang terutama dalam melawan penjajahan. Akhirnya berkat para pahlawan nasional yang berjuang Indonesia bisa merasakan kemerdekaan seperti saat ini.

BACA JUGA:Inilah Nama-nama Pahlawan yang Berasal dari Bengkulu, Salah Satunya Ibu Negara RI

Banyaknya para pahlawan dalam kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa orang yang berjasa dalam sejarah kemerdekaan Indonesia yang jarang di kenal.

Berikut ini adalah sosok-sosok yang berjasa dalam kemerdekaan Indonesia yang jarang di kenal.

1. B.M. Diah

Sosok pahlawan yang berjasa dalam kemerdekaan adalah Buhanuddin Mohammad Diah atau B.M. Diah. Ia merupakan seorang wartawan yang berjasa dalam penyebaran informasi kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:Abdul Moeis Pahlawan Nasional Pertama, Politikus dan Wartawan Asal Minangkabau

Pada masa itu masih terdapat beberapa pihak Jepang yang menghalangi penyebaran informasi, namun dengan usahanya menyebarkan berita kemerdekaan dengan pamflet dan surat kabar membuat semua penjuru nusantara mendengarnya.

2. Soekarni

Sosok yang juga berjasa dalam kemerdekaan Indonesia adalah Soekarni Kartodiwirjo. Ia merupakan sosok ketua Pengurus Besar Indonesia Muda yang juga ikut andil dalam penculikan Soekarno dan Moh. Hatta untuk menyegerakan kemerdekaan.

BACA JUGA:9 Pahlawan Dikenal Sakti Ditakuti Belanda, Kebal Peluru Hingga Bisa Menghilang

Soekarni juga yang mengusulkan bahwa Soekarno dan Hatta untuk menandatangani teks Proklamasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: