Sosok-sosok Pahlawan yang Berjasa dalam Sejarah Kemerdekaan Indonesia yang Jarang Dikenal

Sosok-sosok Pahlawan yang Berjasa dalam Sejarah Kemerdekaan Indonesia yang Jarang Dikenal

Laksamana Muda Tadashi Maeda--

3. Laksamana Muda Tadashi Maeda

Sosok yang juga memiliki jasa dalam kemerdekaan Indonesia yang jarang di kenal adalah Laksamana Muda Tadashi Maeda. Rumahnya menjadi tempat bersejarah karena menjadi tempat perumusan teks proklamasi.

4. Surastri Karma Trimurti

Surastri Karma Trimurti juga sosok pahlawan yang jarang di kenal. Ia merupakan istri Sayuti Melik yang mencetak teks proklamasi. Surastri ini sebelumnya di penjara oleh Belanda karena menyebarkan pamflet yang berisikan anti-Penjajahan Belanda.

BACA JUGA:Sosok Ulama Asal Sumbar Ini Diperjuangkan jadi Pahlawan Nasional

5. Frans Kaisiepo

Sosok yang berjasa dalam kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah Frans Kaisiepo. Ia berjasa dalam penyatuan Irian jaya dengan Indonesia tahun 1969 pada peristiwa PEPERA.

6. Haji Oemar Said Tjokroaminoto

Sosok yang juga memiliki jasa bagi kemerdekaan Indonesia yang jarang di kenal adalah Haji Oemar Said Tjokoaminoto. Ia merupakan pendiri Serikat Islam. Sayangnya ia tertangkap oleh pihak Belanda karena di anggap sebagai pemberontak.

BACA JUGA:Sosok Ulama Asal Sumbar Ini Diperjuangkan jadi Pahlawan Nasional

7. Frans dan Alex Mendur

Sosok yang juga berjasa bagi kemerdekaan RI adalah Frans dan Alex Mendur. Keduanya adalah seorang fotografer yang berhasil mengabadikan momen kemerdekaan.

Sayangnya aksi keduanya berhasil di ketahui Jepang dan membuat Frans memberikan rol film hasil potretnya ke Jepang.

Beruntungnya atas kecerdikan Alex, ia menyimpan foto ke dalam tanah agar tidak di rampas oleh Jepang. Sehingga dokumentasi waktu proklamasi masih tersimpan hingga saat ini.*

Artikel ini sudah terbit di suarasurabaya.net dengan judul “Tujuh Pahlawan Kemerdekaan RI yang Jarang Dikenal: Mendur Bersaudara Sampai BM Diah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: