Nama 9 Istri Soekarno, Menikah Pertama Usia 20 Tahun dan Terakhir 65 Tahun

Nama 9 Istri Soekarno, Menikah Pertama Usia 20 Tahun dan Terakhir 65 Tahun

Ir Soekarno dan Istrinya Dewi Soekarno --

Kartini Manoppo

Kartini Manoppo adalah seorang model dan mantan pramugari yang berparas cantik. Pernikahannya dengan Soekarno tidak diketahui banyak orang.

BACA JUGA:Sejarah Perang Kemang atau Belasting, Perlawanan Rakyat Sumatera Barat

Terlebih mereka menikah secara tidak resmi karena pada waktu itu Soekarno masih memiliki dua istri, yaitu Fatmawati dan Hartini. Bahkan, orang tua Kartini pun tidak menghendaki adanya istri kedua atau ketiga.

Ratna Sari Dewi

Pertemuan Soekarno dengan Ratna Sari Dewi bermula ketika beliau berkunjung ke “Surga Jepang”. Karena terpikat dengan kecantikannya, Soekarno pun menikahi gadis Jepang tersebut pada tahun 1963. Dari pernikahannya tersebut, lahir seorang gadis cantik yang diberi nama Kartika Sari Dewi atau akrab disapa Karina.

BACA JUGA:Inilah Nama-nama Pahlawan yang Berasal dari Bengkulu, Salah Satunya Ibu Negara RI

Haryati

Haryati menikah dengan Soekarno pada 21 Mei 1963 di Jakarta. Pernikahan tersebut berjalan tenteram. Tidak banyak permasalahan yang dihadapi keduanya. Hanya saja, beberapa pihak kurang setuju dengan aksi poligami yang dilakukan oleh Soekarno.

Yurike Sanger

Saat penyambutan kepresidenan di Jakarta, Soekarno jatuh cinta kepada gadis kelas II SMA VII Jakarta bernama Yurike Sanger. Keduanya menjalin kedekatan hingga akhirnya diajak menikah oleh Soekarno. Namun, pernikahan mereka kandas usai Yurike melihat foto panas suaminya bersama Dewi.

BACA JUGA:Abdul Moeis Pahlawan Nasional Pertama, Politikus dan Wartawan Asal Minangkabau

Heldy Djafar

Yang terakhir, Heldy Djafar dinikahi Soekarno atau istri ke-9. Keduanya menikah pada 1966, Bung Karno berusia 65 tahun, sedangkan Heldy masih berusia 18 tahun.

Pernikahan keduanya hanya bertahan dua tahun. Komunikasi tak berjalan lancar setelah Soekarno menjadi tahanan di Wisma Yaso, Jalan Gatot Subroto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: