Nama 9 Istri Soekarno, Menikah Pertama Usia 20 Tahun dan Terakhir 65 Tahun

Nama 9 Istri Soekarno, Menikah Pertama Usia 20 Tahun dan Terakhir 65 Tahun

Ir Soekarno dan Istrinya Dewi Soekarno --

RADARMUKOMUKO.COM - Seperti dalam sejarahnya, dalam masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, Presiden Ir. Soekarno harus berpindah-pindah ke berbagai tempat dengan berbagai alasan, termasuk sengaja diungsikan oleh penjajah.

Karena itu, kisah hidup sang proklamator ini tidak lepas dari sosok perempuan yang mendampinginya di berbagai kesempatan dan tempat. 

BACA JUGA:Sejarah Teks Proklamasi Kemerdekaan RI 1945, Naskah Asli Ditulis Tangan Soekarno Sempat Dibuang

Mungkin yang dikenal secara luas, istri Soekarno adalah Fatmawati dan Ratna Sari Dewi. Namun tahukan anda, ada banyak wanita yang menarik perhatian Soekarno, namun dari sekian banyak, terdapat 9 wanita yang dinikahkannya. 

Adapun nama-nama istri Sokarno lainnya yaitu, Siti Oetari, Inggit Garnasih, Hartini, Kartini Manoppo, Haryati, Yurike Sanger, dan terakhir Heldy Djafar.

BACA JUGA:Kuota PPPK dan CPNS Sudah Ditetapkan, Pendaftaran Online, Berikut Tahapan dan Caranya

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut profil singkat istri-istri Soekarno:

Siti Oetari

Istri pertama Soekarno adalah Siti Oetari memiliki nama lengkap, Siti Oetari Tjokroaminoto. Siti Oetari dinikahi Soekarno pada 1921 di Surabaya. Ketika itu, usia Siti Oetari masih 16 tahun dan Soekarno berusia 20 tahun. 

BACA JUGA:Tradisi Marime Suku Gipsi Menculik Anak Gadis, 5 Hari Disandera Boleh Dinikahi Oleh Penculik

Siti Oetari merupakan putri pemimpin Sarekat Islam (SI), Hos Tjokroaminoto. Soekarno juga merupakan murid Hos Tjokroaminoto dan ketika itu sedang menumpang di rumahnya.

Soekarno menikahinya bukan karena cinta, melainkan ingin meringankan beban Tjokroaminoto yang sudah dianggap seperti kakak sendiri.

Sayang, pernikahan mereka tidak bertahan lama. Saat hubungan sudah mulai renggang, Soekarno dan Oetari memutuskan untuk bercerai secara baik-baik.

Inggit Garnasih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: