Info Terbaru Situs Gunung Padang, Penuh Misteri Bikin Melongo dan Kaitannya Dengan Kota Padang - Sumbar

Info Terbaru Situs Gunung Padang, Penuh Misteri Bikin Melongo dan Kaitannya Dengan Kota Padang - Sumbar

Situs Gunung Padang mengagumkan-Radar Mumuko-istimewa radar mukomuko

RADARMUKOMUKO.COM - Seperti diketahui, sejak beberapa tahun lalu keberadaan situs gunung padang viral, karena terungkapnya berbagai fakta yang mengejutkan dan bikin melongo masyarakat dunia.

Salah satu yang cukup mengagetkan, ternyata Situs Gunung Padang merupakan sebuah situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. 

Lokasi tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunung Padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Walau baru ramai dibahas beberapa tahun belakangan, namun situs Gunung Padang sudah sejak lama dikenal dan biasa dikunjungi para wisatawan karena pemandangannya yang indah, bahkan mirip dengan Machu Picchu di Peru.

BACA JUGA:Tradisi Unik Sirawu Sulo di Bone Terbakar Tanpa Sakit, Pesta Panen dengan Adrenalin

BACA JUGA:Tradisi Nyeleneh Suku Tujia di China Pengatin Wanita Harus Nagis 30 Jam, Bentuk Rasa Cinta

Bahkan keberadaan Gunung Padang sudah diakui pada tahun 1914 dalam Rapporten van de Oudheidkundige.

Dalam perjalanan sejarah gunung padang, Rapporten van de Oudheidkundige (ROD~ Buletin Dinas Kepurbakalaan) menuliskan mengenai keberadaan situs ini pada tahun 1914. 

Setelah itu, sejarawan asal Belanda juga menyingung situs bersejarah ini di tahun 1949. Hingga akhirnya pada tahun 1979 diadakan penelitian dan tindak lanjut situs ini.

Disisi lain juga dikatakan, penelitian-penelitian terkait Gunung Padang sudah dimulai sejak zaman Kerajaan Sunda di bawah Raja Prabu Siliwangi yakni sekitar tahun 1482 - 1521 M. 

Penelitian tersebut disebut menjadi penelitian pertama terhadap situs megalitikum ini.

BACA JUGA:Tradisi Nyeleneh 6 Suku Pedalaman, Membuat Wanita Menderita

BACA JUGA:Kisah Senjata Bambu Runcing, Didoakan Kiai Sebelum Digunakan, Bikin Belanda Ketakutan

Situs Gunung Padang mulai rame dibahas, saat tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang melakukan penelitian lebih lanjut di Gunung Padang pada bulan Mei sampai Juni 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: