Penyebab Kecelakaan 6 Kapal Raksasa Yang Hebat, Nomor 5 Karena Sombong

Penyebab Kecelakaan 6 Kapal Raksasa Yang Hebat, Nomor 5 Karena Sombong

Penyebab Kecelakaan 6 Kapal Raksasa Yang Hebat, Nomor 5 Karena Sombong-Dok-

RADARMUKOMUKO.COM - Sejak zaman kuno, transportasi laut sudah menjadi andalan, karena cukup membangun kapal bisa langsung digunakan. Beda dengan jalan darat, selain butuh kendaraan juga butuh membangun akses jalan untuk dilintasi.

Hingga jumlah kapal sejak dulu cukup banyak dan tidak terhitung jumlahnya, baik yang kecil maupun berikuran besar dan super besar.

Atas dasar itu pula, berbagai peristiwa kecelakaan terjadi di lautan yang mengakibatkan korban jiwa dan korban materil yang tidak sedikit jumlahnya.

Berikut beberapa pesitiwa tenggelamnya kapal besar dan paling banyak menimbulkan korban di laut dan penyebabnya:

1. Kapal Wilhelm Gustloff

Tragedi kapal Wilhelm Gustloff milik Jerman terjadi pada tanggal 30 Januari 1945. 

Kapal ini tenggelam karena ditembak dengan torpedo oleh kapal selam Uni Soviet dan tenggelam di laut baltik.

BACA JUGA:Violet Jessop Pramugari Kapal Titanic Digelar Wanita yang Tidak Bisa Tenggelam

Jika tenggelamnya kapan titanic menewaskan 1.500 orang dari 2.240 penumpang dan awak, sementara tenggelamnya kapal  Wilhelm Gustloff milik Jerman menyebabkan setidaknya 9 ribu korban jiwa.

Kapal ini digunakan untuk rekreasi pekerja yang tergabung dalam Front Buruh Jerman. Kapal pesiar Gustloff dibangun untuk program Nazi bernama Kraft durch Freude atau Kekuatan melalui Kegembiraan. Wilhelm Gustloff, memiliki panjang 208 meter dengan berat melebihi 25 ribu ron. 

2. Kapal Dona Paz

Peristiwa terparah kedua, tragedi kapal feri Dona Paz, terbakar dan tenggelam setelah bertabrakan dengan MT Vektor pada tahun 1987. 

Sedikitnya 4. 375 orang menjadi korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Peristiwa ini terjadi pada 20 Desember 1987 di wilayah Selat Tablas, selatan Manila, pukul 22.30 malam.

Sebagian besar penumpangnya sedang tidur saat itu, sehingga tak sempat menyelamatkan diri mereka. Terkuncinya pelampung yang telah disediakan di kapal pun menjadi salah satu penyebab banyaknya penumpang yang menjadi korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: