Tips Untuk Menghapus Jejak Digital Kita, Agar Data Pribadi Tidak Diretas Pihak yang Tak Bertanggung Jawab

Tips Untuk Menghapus Jejak Digital Kita, Agar Data Pribadi Tidak Diretas Pihak yang Tak Bertanggung Jawab

Ilustrasi Jejak Digital--

RADARMUKOMUKO.COM - Internet adalah tempat yang menyimpan banyak informasi tentang kita, baik yang kita bagikan secara sadar maupun tidak. 

Namun, tidak semua informasi itu aman dan bermanfaat bagi kita. Ada risiko bahwa data pribadi kita dapat dicuri, diretas, atau dilecehkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menghapus jejak digital kita di internet sebanyak mungkin. 

BACA JUGA:Ingin Uji Aderanalin Virgin Galactic Akan Membuka Wisata Ke Luar Angkasa Mulai Bulan Depan, Berminat?

Meskipun tidak mungkin untuk menghapusnya sepenuhnya, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk menghapus data pribadi kita dari web, seperti dikutip dari berbagai sumber :

- Menghapus semua akun pengguna yang tidak terpakai. Akun-akun ini dapat menjadi sumber informasi bagi para peretas atau broker data yang ingin menjual data kita kepada pihak lain .

- Menghubungi broker data dan meminta mereka untuk menghapus data kita. 

Broker data adalah perusahaan yang mengumpulkan dan menjual data pribadi orang-orang dari berbagai sumber online . Kita dapat mencari daftar broker data dan cara menghubungi mereka di internet.

BACA JUGA:Ini Cara Mudah Kukus Pisang dan Ubi Untuk Mendapatkan Hasil Terbaik, Warna Pisang Kinclong Tidak Menghitam

- Menghubungi Google untuk memberi sanksi pada halaman yang tidak mau menghapus data pribadi kita. Jika kita menemukan halaman web yang menampilkan data pribadi kita tanpa izin, kita dapat melaporkannya kepada Google agar halaman tersebut dihapus dari hasil pencarian.

- Menggunakan layanan penghapusan data. Ada beberapa layanan online yang dapat membantu kita menghapus jejak digital kita dengan biaya tertentu . Layanan ini biasanya bekerja sama dengan broker data dan situs web lain untuk menghapus data kita secara permanen.

BACA JUGA:3 Jema’ah Haji Indonesia yang Hilang, Niron Ditemukan Meninggal Dunia, Baca Kisah Mereka Terlepas dari Rombong

Selain itu, ada beberapa hal lain yang dapat kita lakukan untuk mengurangi jejak digital kita di internet, seperti:

- Menghapus akun email lama. Akun email lama dapat menjadi pintu masuk bagi para peretas untuk mengakses akun lain yang terkait dengan email tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: