3 Jema’ah Haji Indonesia yang Hilang, Niron Ditemukan Meninggal Dunia, Baca Kisah Mereka Terlepas dari Rombong

3 Jema’ah Haji Indonesia yang Hilang, Niron Ditemukan Meninggal Dunia, Baca Kisah Mereka Terlepas dari Rombong

Jenazah jemaah haji Indonesia ditemukan Meninggal-Istimewa-

RADARMUKOMUKO.COM- Tiga jemaah haji Indonesia dilaporkan hilang saat melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi. Satu dari mereka ditemukan meninggal dunia, sedangkan dua lainnya masih dalam pencarian.

Menurut bebrapa sumber, ketiga jemaah haji tersebut adalah Idun Rohim Zen (87 tahun) dari Embarkasi Palembang Kloter 20 (PLM 20), Suharja Wardi Ardi (69) dari Embarkasi Kertajati Kloter 10, dan Niron Sunar Suna (77) dari Embarkasi Surabaya Kloter 65 (SUB 65).

Menurut laporan dari Kementerian Agama RI, Idun terpisah dari rombongannya ketika meminta izin untuk ke toilet pada 27 Juni 2023 sekitar pukul 15.30 waktu Arab Saudi (WAS) atau sore hari saat wukuf di Arafah. Sejak itu, Idun belum kembali bersama kloternya.

BACA JUGA:Ibu dan Anak Bisa Berbagi Suami, Begini Tujuan Tradisi Suku Mandi

Suharja juga terpisah dari istrinya ketika mengambil wudhu menjelang sholat Dzuhur waktu wukuf di Arafah. Saat istrinya keluar, suaminya sudah tidak ada.

Niron terpisah dari rombongannya ketika berada di Mina pada 29 Juni 2023 atau 11 Dzulhijjah 1444 Hijriyah. Ketika itu, Niron beserta rombongan KBIH Nurul Haramain melaksanakan lontar jumrah hari kedua yang dilaksanakan setelah Subuh.

Setelah melakukan pencarian selama 10 hari, Niron akhirnya berhasil ditemukan pada 9 Juli 2023. 

Namun, Niron ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di kawasan Distrik Awali, Makkah. Jenazah Niron langsung dibawa ke RS Al Noor Specialist Hospital dan dimakamkan.

BACA JUGA:Hanya Menggunakan Bumbu Dapur Satu Ini, Bau Amis Pada Ayam Auto Kabur Caranya Baca Disini

Sementara itu, dua jemaah haji Indonesia yang masih hilang, yaitu Idun dan Suharja, belum ditemukan hingga Rabu (12/7/2023). Polisi Saudi Arabia terus melakukan pencarian dengan melibatkan petugas-petugas terkait.

Kementerian Agama RI mengimbau kepada seluruh jemaah haji Indonesia untuk tetap menjaga kesehatan dan keselamatan diri serta selalu berkoordinasi dengan petugas-petugas haji. 

Kementerian Agama RI juga mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Niron Sunar Suna dan berdoa agar Allah SWT memberikan kesabaran dan kekuatan kepada keluarga yang ditinggalkan. 

Semoga Allah SWT melindungi semua jemaah haji Indonesia dan menerima amal ibadah mereka. Aamiin.

Artikel ini dilansir dari berbagai sumber : Jabar.nu.or.id dan Viva.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: