Suku Kalang Terkenal Sakti, Andalan Majapahit Hadapi Suku Dayak

Suku Kalang Terkenal Sakti, Andalan Majapahit Hadapi Suku Dayak

Suku Kalang Terkenal Sakti, Andalan Majapahit Hadapi Suku Dayak--

RADARMUKOMUKO.COM - Mungkin tidak banyak yang kenal dengan Suku Kalang, karena suku ini tidak terlalu besar. Dilansir dari wikipedia, Suku Kalang atau Wong Kalang adalah salah satu subsuku di masyarakat Jawa. 

Mereka ada sejak zaman kerajaan-kerajaan Nusantara. Tetapi karena satu dan lain hal, mereka dikucilkan oleh masyarakat mayoritas saat itu. Pengucilan tersebut yang mengawali sebutan "kalang". 

Kata "kalang" berasal dari bahasa Jawa yang artinya "batas". Lingkup sosial orang-orang ini sengaja dibatasi (atau dikalang) oleh otoritas atau masyarakat mayoritas waktu itu. Orang Kalang sengaja diasingkan dalam kehidupan masyarakat luas, karena dulu ada anggapan bahwa mereka liar dan berbahaya.

BACA JUGA:Suku Pemilik Ilmu Magic Terkuat di Indonesia, Kebal Senjata Hingga Datangkan Petir

Dirangkum dari berabagai sumber, kini banyak Orang Kalang yang sudah memeluk Agama Islam dan menjalankan syariat-syariat agama Islam. Selain itu, mereka juga sudah banyak berbaur dengan masyarakat lainnya baik dalam pergaulan maupun pernikahan.

Kelompok suku ini juga sudah diterima baik di Indonesia. Begitu pula mereka, juga sudah dapat menerima orang-orang yang berasal dari luar sukunya.

Keturunan Orang Kalang banyak tersebar di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta seperti di Cilacap, Adipala, Gombong, Ambal, Petanahan, Kebumen, dan Bagelen.

BACA JUGA:Hindari Roh Jahat, Pria Suku Ini Berlomba Tukaran Istri

Selain itu, karena sudah berakulturasi dan beradaptasi dengan baik, nyaris tidak ada perbedaan antara orang Kalang dan bukan Kalang. Umumnya, kehidupan mereka teratur dan makmur. Kini, banyak keturunannya yang sukses menjadi wirausahawan.

Pada era Majapahit, warga Suku Kalang ditugaskan menjaga hutan dari serangan musuh. 

Tugas ini diberikan karena orang kalang dianggap sakti mandraguna. Mereka biasa dipekerjakan untuk membuat candi hingga berbagai macam benda dari kayu.

BACA JUGA:Suku Pygmy, Nikah Usia 8 tahun, Bertubuh Pendek dan Berumur Pendek

Selain itu Wong Kalang juga menjadi tentara yang membela Majapahit dalam perang melawan Suku Dayak yang juga dikenal sakti. Konon dalam peperangan ini tentara Kalang membawa kemenangan besar bagi Majapahit.

Warga Suku Kalang konon memiliki kesaktian lebih yang mengarah pada hal-hal berbau mistis. Mereka diyakini dapat memindahkan batu besar secara gaib dan tetap diam saat bekerja alias tidak bersuara atau membisu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: