5 Mitos Suku Dayak, Kehilangan Alat Vital Hingga Bisa Ketiban Sial

5 Mitos Suku Dayak, Kehilangan Alat Vital Hingga Bisa Ketiban Sial

5 Mitos Suku Dayak, Kehilangan Alat Vital Hingga Bisa Ketiban Sial-Instagram-@wanita_dayak

RADARMUKOMUKO.COM - Membahas Suku Dayak yang legendaris selalu menarik dan tidak ada habisnya. Karena Suku satu ini bukan saja terkenal di Indonesia, tapi hingga mancanegera.

Suku Daya yang ada di Kalimantan ini dikenal dengan berbagai tradisi, kebudayaan dan juga dikenal gahar, karena Suku Dayak paling tersohor memiliki berbagai kemampuan mistis.

Suku Dayak juga memiliki berbagai cerita mitos yang hingga kini masih dipercayai sebagian besar masyarakatnya.

BACA JUGA:Ketika Mendaki Gunung Kerinci Jambi, Bila Ketemu dengan Orang Ini Pulang Saja Kalau Tidak Ingin Sesat di Hutan

Dilansir dari berbagai sumber berikut beberapa mitos suku dayak:

Dilarang mengganggu gadis Dayak

Kecantikan gadis suku Dayak memang bukan rahasia lagi, pria manapun yang melihatnya pasti akan jatuh hati. Namun bagi para pria yang ingin mendekati gadis Dayak wajib memiliki nyali besar. 

Sebab mitosnya, barangsiapa yang berani menganggu atau mempermainkan gadis Dayak akan dipastikan hilang alat vitalnya.

Tentu mitos ini sangat mempengaruhi siapapun yang akan datang ke Suku Dayak, walau pada dasarnya banyak orang Dayak menolak anggapan ini. Maka diyakini hanya sebuah mitos.

BACA JUGA:Misteri Gunung Kerinci, Dijaga Manusia Harimau Hingga Naga Raksasa

Selain itu, ada pula mitos yang mengatakan bahwa jika seorang pria terpincut dengan wanita Dayak, maka ia tidak bisa pulang lantaran dianggap wanita Dayak telah mengikat si pria secara gaib. 

Mengunjungi Makam Harus Sopan

Makam orang suku Dayak memang terlihat berbeda dari makam lainnya. Mereka membuat semacam makam di atas tanah berbentuk seperti bangunan balok yang disanggah. 

Namun, jangan sekali kamu mengejek atau bahkan tak sopan dengan makam tersebut. Karena jika tidak, maka akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: