Mengenal Tradisi Suku-suku di Pulau Bali, Tujuan Wisata Dunia

Mengenal Tradisi Suku-suku di Pulau Bali, Tujuan Wisata Dunia

Mengenal Tradisi Suku-suku di Pulau Bali, Tujuan Wisata Dunia--

RADARMUKOMUKO.COM –  Seperti diinformasikan sebelumnya, Pulau Bali mencakup Nusa Tenggara memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Maka wilayah ini menjadi tujuan wisata nomor satu di Indonesia bahkan menjadi tujuan toruris mancanegara.

Ternyata Bali yang indah dan damai ini, juga memiliki berbagai keragaman suku bangsa. Mereka sangat menjaga adat dan budaya, serta keragaman menjadi kekayaan nusantara.

BACA JUGA:Bukan Hanya Pria dan Wanita, Suku Bugis Mengenal 5 Gender, No 5 Sakti

Buktinya, Suku-suku lokal di wilayah itu masih lestari hingga saat ini, meski telah banyak berakulturasi dengan budaya luar. 

Kebudayaan di daerah ini, menjadi salah satu daya darik wisatawan dari berbagai belahan bumi.

Sepintas sejarah suku bali, Suku Bali adalah suku bangsa mayoritas di pulau Bali, yang menggunakan bahasa Bali dan mengikuti budaya Bali. Menurut hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010, ada kurang lebih 3,9 juta orang Bali di Indonesia. Sekitar 3,3 juta orang Bali tinggal di Provinsi Bali dan sisanya terdapat di Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Lampung, Bengkulu dan daerah penempatan transmigrasi asal Bali lainnya.

BACA JUGA:Alasan Suku Himba Izinkan Tamu Tiduri Istri dan Larang Wanita Mandi Air

Asal usul suku Bali dilansir dari wikipedia terbagi ke dalam tiga periode atau gelombang migrasi

Gelombang pertama terjadi sebagai akibat persebaran penduduk yang terjadi di Nusantara selama zaman prasejarah.

Gelombang kedua terjadi secara perlahan selama masa perkembangan agama Hindu di Nusantara.

Gelombang ketiga merupakan gelombang terakhir yang berasal dari Jawa, ketika Majapahit runtuh pada abad ke-15—seiring dengan Islamisasi yang terjadi di Jawa—sejumlah rakyat Majapahit memilih untuk melestarikan kebudayaannya di Bali, sehingga membentuk sinkretisme antara kebudayaan Jawa klasik dengan tradisi asli Bali.

Kamandoko melalui bukunya bertajuk Ensiklopedia Pelajar dan Umum menyebutkan bahwa masyarakat pendatang di Bali bukan hanya berasal dari Indonesia saja, tetapi juga warga asing.

BACA JUGA:Tradisi Seksual Aneh 9 Suku di Dunia, Latihan Sek Hingga Makan Kutu

Walau secara umum dikenal dengan suku bali, sebetulnya Suku Bali sendiri terdiri atas beberapa jenis, berikut beberapa suku dibali dilansir dari berbagai sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: