Bukan Hanya Pria dan Wanita, Suku Bugis Mengenal 5 Gender, No 5 Sakti

Bukan Hanya Pria dan Wanita, Suku Bugis Mengenal 5 Gender, No 5 Sakti

Bukan Hanya Pria dan Wanita, Suku Bugis Mengenal 5 Gender, No 5 Sakti--

RADARMUKOMUKO.COM - Tentu kita mengenal ada dua jenis kelamin manusia bawaan sejak lahir dan merupakan pemberian dari sang pencipta. 

Kemudian dari dua jenis kelamin ini muncul istilah gender. Gender merupakan karakteristik dan peran yang terbentuk secara sosial dan memengaruhi perasaan, pola pikir, dan perilaku, serta kehidupan sosial manusia.

Umumnya kita mengenal 2 jenis gender yang lazim secara universal, yakni pria dan wanita. Namun di beberapa negara, daerah atau budaya tertentu, klasifikasi gender bisa berjumlah lebih dari dua. 

BACA JUGA:Alasan Suku Himba Izinkan Tamu Tiduri Istri dan Larang Wanita Mandi Air

Di Indonesia sendiri ada suku yang mengenal lebih dari dua gender, yaitu suku Bugis

Bahkan, Suku Bugis yang terkenal akan kehebatannya sebagai pelaut dan pedagang, memiliki gender mencapai lima klasifikasi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 gender sesuai perannya masing-masing dalam budaya Suku Bugis:

1. Orawane

Orawane adalah sebutan laki-laki dalam bahasa Bugis. Seperti pada laki-laki umumnya, Orawane memiliki sikap yang tegas serta maskulin. Apabila sudah berkeluarga, ia dianggap bertanggung jawab penuh untuk bekerja dan menafkahi keluarganya.

BACA JUGA:Ini Penyebab Suku Oni Tinggal di Gua dan Tidak Mau Ditemui

Kebanyakan lelaki Bugis memegang teguh prinsip kearifan lokal siri’ na pacce yang menjunjung tinggi harga diri, sikap dan perilaku konsisten, dan pantang menyerah. 

Mereka juga terkenal pekerja keras sehingga tak heran bila banyak lelaki Bugis yang merantau untuk bekerja.

2. Makunrai 

Makunrai adalah seseorang yang terlahir dengan jenis kelamin perempuan. Gender ini bersifat feminin seperti perempuan pada umumnya dan melakukan pekerjaan dalam ranah perempuan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: