5 Suku Asli Bangka Belitung, Salah Satunya Pernah Bikin Belanda Kewalahan

5 Suku Asli Bangka Belitung, Salah Satunya Pernah Bikin Belanda Kewalahan

5 Suku Asli Bangka Belitung, Salah Satunya Pernah Bikin Belanda Kewalahan-Dok -Berbagai sumber

Dikutip dari buku Hubungan Antar Suku Bangsa di Kota Pangkalpinang, yang ditulis oleh Evawarni, Suku Melayu adalah kelompok sosial asli yang menempati sebagian besar wilayah Bangka Belitung. 

BACA JUGA:10 Suku Penghasil Wanita Cantik Alami di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Akan tetapi, lambat laun, populasi suku di Kota Pangkalpinang juga beragam, dan sudah tercampur dengan suku-suku lain dari luar Bangka Belitung.

Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatra, dekat dengan Provinsi Sumatra Selatan. 

Selain di Riau, tepatnya di barat Kabupaten Kabupaten Bengkalis dan barat Kabupaten Siak. Ternyata di Bangka Belitung juga ada nama suku sakai.

Suku yang juga populer di Bangka Belitung merupakan masyarakat  generasi kedua dari Suku Sekak ini menetap di Pulau Bangka.

Maka dari itu, orang Belitung sering menyebutnya sebagai Suku Sekak modern. Dulunya Suku Yang Ada Di Bangka Belitung ini bekerja sebagai pencari ikan.

Namun, seiring adanya program pembangunan wilayah terasing di tahun 70an, mereka tidak lagi melaut. Kelompok masyarakat ini lebih tertarik untuk bercocok tanam dan berkebun palawija.

BACA JUGA:Asal Usul Suku Melayu Palembang, Peleburan Arab, China Hingga Jawa

Demikian sejarah singkat suku di Bangka Belitung, jika ada kekeluruan dan kesalahan akan diperbaiki pada konten berikutnya. Semoga informasinya memberi pengetahuan terkait keragaman suku bangsa di nusantara.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: