5 Suku Asli Bangka Belitung, Salah Satunya Pernah Bikin Belanda Kewalahan

5 Suku Asli Bangka Belitung, Salah Satunya Pernah Bikin Belanda Kewalahan

5 Suku Asli Bangka Belitung, Salah Satunya Pernah Bikin Belanda Kewalahan-Dok -Berbagai sumber

Suku Bangsa Lom merupakan salah satu Suku Yang Ada Di Bangka Belitung. Suku bangsa Lom juga menjadi suku bangsa tertua di Bangka Belitung.

Menurut para sejarawan, suku bangsa ini berasal dari Kerajaan Majapahit yang melarikan diri karena enggan untuk memeluk agama Islam.

BACA JUGA:7 Suku Tertua di Indonesia, Salah Satunya Hilang Secara Misterius

Saat ini, masyarakat suku Lom Luar sudah hidup seperti masyarakat biasa serta sudah berbaur dengan kebiasaan warga sekitar.

Suku Lom Dalam hidup terasing. Mereka senantiasa menjaga jarak dengan orang luar. Bahkan jarak antar kampung pun sangat jauh hingga mencapai 5 km.

Suku Sekak

Suku Sekak merupakan salah satu suku tua yang mendiami Pulau Bangka. Suku ini merupakan mendiami pesisir sepanjang Pulau Bangka. Sebagian besar masyarakat suku ini masih menganut animisme atau kepercayaan lokal. 

Namun akhir-akhir ini ada juga ditemui masyarakatnya yang menganut agama Islam dan Kekristenan. Suku ini mendiami daerah di pesisir pantai di daerah utara Pulau Bangka dengan sumber mata pencaharian mereka adalah sebagai seorang nelayan.

BACA JUGA:4 Suku Asli Jambi, 'Beraroma' Minangkabau dan Sriwijaya

Suku Sekak merupakan keturunan suku Mantang, salah satu suku tertua yang merupakan bagian dari suku Laut. Mereka dianggap sebagai masyarakat Melayu Tua. Dibawah suku Mantang adalah suku Juru dan suku Belantu. Suku ini memiliki kemiripan dengan suku-suku tua di daratan Sumatra. 

Sekarang, suku ini tidak lagi dianggap sebagai suku terasing karena mereka sudah beradaptasi dengan budaya-budaya dari luar.

Suku Sekak merupakan sub Suku Orang Laut Bangka Belitung yang sudah hidup modern. Menurut informasi terbaru, mayoritas mereka tidak lagi bermata pencaharian sebagai nelayan dan penangkap ikan tetapi sudah banyak yang berkebun dan bertani.

Suku Melayu

Suku Bangka atau Melayu Bangka adalah kelompok etnis yang mendiami Pulau Bangka di Provinsi Bangka Belitung. Orang Bangka mayoritas beragama Islam dan menuturkan bahasa Melayu Bangka.

Orang Suku Melayu banyak Kota Pangkalpinang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: