4 Suku Asli Jambi, 'Beraroma' Minangkabau dan Sriwijaya

4 Suku Asli Jambi, 'Beraroma' Minangkabau dan Sriwijaya

4 Suku Asli Jambi, 'Beraroma' Minangkabau dan Sriwijaya--

Suku Bangsa Kerinci

Suku Kerinci atau disebut Uhang Kinci atau Uhang Kincai dalam bahasa Kerinci. Suku Kerinci adalah suku bangsa atau kelompok etnik pribumi Sumatra yang mendiami wilayah Dataran Tinggi Kerinci dan sekitarnya.

Secara administratif saat ini berada di wilayah kota Sungai Penuh, kabupaten Kerinci, Merangin dan Bungo. Selain itu, etnis Kerinci juga merantau ke Semenanjung Tanah Melayu sejak abad ke-19 Masehi.

BACA JUGA:10 Suku Penghasil Wanita Cantik Alami di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Nenek moyang Suku Kerinci diperkirakan berasal dari para penutur Austronesia awal yang bermigrasi sejak 3500 tahun yang lalu. 

Bukti-bukti arkeologis kedatangan nenek moyang orang Kerinci seiring dengan migrasi Austronesia seperti beliung persegi, tembikar tataplandas dan slipmerah, rumah panggung, pertanian padi, megalitik Batu Silindrik, dan Tempayan Kubur. 

Suku Bathin

Suku Batin adalah suku Melayu di provinsi Jambi di bagian pedalaman pulau Sumatra, Indonesia. Mereka menuturkan bahasa Melayu dengan dialek Jambi. Suku Batin kebanyakan beragama Muslim, tetapi menganut sistem matrilineal. Orang Batin suka hidup berpindah-pindah dan berjiwa gotong royong. 

Orang batin berasal dari orang yang mendiami daerah pegunungan yang terletak disebelah baratnya, seperti orang Kerinci yang mendiami dataran rendah disebelah timurnya. Berasal dari sebelah barat pegunungan Bukit Barisan.

BACA JUGA:4 Aturan Hidup Suku Kubu, Dilarang Berduaan Hingga Pindah Jika Keluarga Meninggal

Mereka menggunakan tutur bahasa Melayu dengan dialek Jambi, dan ada sedikit campuran dialek bahasa Minang. 

Perpindahan suku Bathin diperkirakan terjadi pada abad pertama masehi. Mereka merupakan bangsa dari wilayah pegunungan, kemudian, mendiami daerah sekitar Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tebo, Kabupaten Bungo, dan Kabupaten Merangin.

Suku Melayu

Suku Melayu datang ke Jambi sekitar 3.500 tahun sebelum masehi. Pola kehidupan suku Melayu hampir sama dengan suku Bathin di mana mata pencarian utamanya adalah bertani.

Suku Jambi atau Melayu Jambi merupakan suku bangsa pribumi yang berasal dari provinsi Jambi. Mereka mendiami wilayah kota Jambi, kabupaten Muaro Jambi, Tanjung Jabung, Batanghari, Bungo-Tebo dan sebagian Sarko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: