8 Suku Asli Kalimantan Terkenal Wanitanya yang Cantik Mirip Keturunan Tionghoa

8 Suku Asli Kalimantan Terkenal Wanitanya yang Cantik Mirip Keturunan Tionghoa

Suku Asli Kalimantan Terkenal Wanitanya yang Cantik Mirip Keturunan Tionghoa-Instagram-@wanita_dayak

Suku Hakka adalah suku mayoritas di kota Singkawang, Kalimantan Barat. Populasi suku Hakka terus meningkat setiap tahun. Terakhir tercatat di tahun 2011, data jumlah masyarakat suku Hakka telah mencapai angka 246.306 jiwa. 

BACA JUGA:4 Suku Utama, Sumbar Miliki 72 Suku dan 12 Suku di Negeri Sembilan Malaysia

Kota Singkawang sendiri terkenal sebagai salah satu daerah pecinan terbesar di Indonesia. Nama “Singkawang” berasal dari bahasa Hakka yaitu “San Khew Jong” yang artinya adalah kota di bukit dekat laut dan estuaria. Faktanya, kota Singkawang memang dikelilingi oleh pegunungan Sakok, Pasi, dan Poteng. 

Suku Hakka banyak menggunakan bahasa khas mereka, yaitu bahasa Hakka dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan bahasa Hakka ini diucapkan dengan dua jenis dialek, yaitu dialek Meixian dan dialek Lufeng. 

8. Suku Tidung

Suku Tidung merupakan suku asli yang berasal dari daerah Kalimantan Utara. Awalnya, suku Tidung berasal dari sebuah kerajaan bernama Kerajaan Tidung. 

Dalam kesehariannya, orang-orang suku Tidung menggunakan bahasa Tidung dengan dialek Tarakan.

Karena dekat dengan Malaysia dan Brunei, bahasa ini memiliki kemiripan dengan bahasa Melayu yang dituturkan oleh penduduk kedua negara tersebut. Rumpun bahasa Tidung terdiri dari bahasa Bulungan, Kalabakan, Tidur, Murut Serudung, dan Murut Sembakung. 

Suku Tidung masuk ke dalam kategori suku di Indonesia yang berbudaya Melayu. 

BACA JUGA:15 Suku Sumatera Barat, Malaysia dan 4 Provinsi Ini Masuk Kerajaan Minangkabau

Demikian sejarah singkat 8 suku di Kalimantan, selain delapan suku ini, masih banyak suku lain, seperti Suku Jawa Kalimantan,  Suku Paser, Suku Bugis Pagatan dan lainnya. Mudahan konten ini menambah pengetahuan terkait suku di Kalimantan yang merupakan kekayaan budaya nusantara. Jika ada kesalahan penulisan dan penyebutan maupun lainnya akan diperbaiki pada konten berikutnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: