Mau Kuliah, Ini Daftar Jurusan Yang Banyak Dibutuhkan di Perusahaan dan Instansi Pemerintah

Mau Kuliah, Ini Daftar Jurusan Yang Banyak Dibutuhkan di Perusahaan dan Instansi Pemerintah

Jurusan kuliah yang paling dicari di dunia kerja -Ilustrasi-

Kata teknik ternyata nggak hanya dilekatkan dengan informatika, elektro, dan mesin saja, tetapi juga medis. Jurusan Teknik Biomedik merupakan gabungan Ilmu Keteknikan dan Ilmu Kedokteran yang mempelajari perancangan alat-alat mekanik dan elektronik untuk dunia kesehatan. 

Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu jurusan Saintek yang nggak ada matinya. Adanya kemajuan teknologi yang mengarah pada pemanfaatan teknologi komputer dan informasi membuat jurusan ini banyak diincar oleh anak IPA. Terus seperti apa kuliah di jurusan ini? Pokoknya, di Jurusan Ilmu Komputer kamu akan dibentuk untuk menjadi mahasiswa yang memiliki wawasan global dan tanggap terhadap kebutuhan dunia di bidang teknologi komputer dan informasi.

Jurusan Sistem Informasi

Jurusan berikutnya yang masih berkaitan dengan teknologi yaitu Sistem Informasi. Mahasiswa jurusan ini akan belajar ilmu komputer, manajemen, dan bisnis untuk merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sistem Informasi cocok buat kamu yang pengen belajar pengaplikasian ilmu IPA dan IPS secara gabungan. Sistem Informasi bisa ditemui di UI, ITS, Binus University, Gunadarma, UNAIR, UB, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:3 Jurusan Perkuliahan Ini Sering Dicari di Dunia Kerja! Apakah itu Jurusanmu?

Jurusan Matematika

Jurusan Matematika merupakan jurusan yang akan membuat mahasiswanya memecahkan permasalahan melalui permodelan rumus beserta hitungan matematika, sehingga dapat ditemukan solusinya. Yaps, kayak di SD, SMP, dan SMA jurusan ini nggak jauh dari hitung-menghitung. Bahkan, mata kuliah yang dipelajari pun akan membuatmu selalu bertemu dengan data dan angka, seperti Aljabar, Kalkulus, Geometri, Matematika keuangan, dan lain-lain.

Jurusan Statistika

Dalam World Economic Forum’s disebutkan bahwa salah satu profesi yang dibutuhkan di masa depan adalah data scientist. Nah, salah satu jurusan pencetak lulusan yang mampu bekerja di bidang itu ialah Jurusan Statistika. Hal ini disebabkan mahasiswa Jurusan Statistika akan diajarkan tata cara mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisis, menginterpretasikan, hingga menyajikan data.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang belajar tata cara penyampaian pesan yang efektif agar tepat sasaran. Jurusan ini juga menjadi salah satu prodi Soshum yang paling diminati di UTBK-SBMPTN. Wajar sih peminatnya tinggi sebab jurusan ini memiliki prospek kerja menjanjikan di masa depan.

Jurusan Pendidikan

Pernah dengar cerita tentang Kaisar Hirohito yang menanyakan sisa guru di negaranya sebagai respons pertama setelah Jepang kalah dalam Perang Dunia II? Saat itu beliau mengumpulkan guru yang tersisa dan berhasil membangkitkan negaranya dari keterpurukan. Ya, sepenting itulah guru untuk membangun SDM di dunia. Makanya, lulusan Jurusan Pendidikan akan selalu dibutuhkan. 

BACA JUGA:Bingung Memilih Jurusan yang Tepat di Perkuliahan? Berikut yang Perlu Kamu Perhatikan Agar Tidak Salah Jurusan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: