9 Cara Mendeteksi Kamera CCTV Tersembunyi di Kamar dan di Luar

9 Cara Mendeteksi Kamera CCTV Tersembunyi di Kamar dan di Luar

Mengetahui Ruang Kamar dipasang kamera cctv--

Sebagian besar kamera keamanan tersembunyi memiliki LED merah atau hijau. LED akan berkedip atau bersinar ketika dalam kondisi kurang cahaya. Saat dalam kondisi kurang cahaya, LED di sekitar lensa kamera akan menyala secara otomatis untuk melengkapi pencahayaan kamera agar menghasilkan gambar night vision yang jernih.

3. Gunakan Ponsel

Cara mengetahui CCTV tersembunyi selanjutnya dengan memanfaatkan ponsel Anda. Ada 2 cara mudah dan gratis yang bisa dilakukan untuk menemukan kamera tersembunyi menggunakan smartphone iPhone atau Android meski tanpa detektor.

BACA JUGA:Yuk Kenali Feeling Lonely, Penyebab serta Cara Mengantasinya

Langkah pertama lakukan panggilan telepon dengan teman atau keluarga. kedua berjalan di sekitar kamar Anda. Pengawasan tersembunyi biasanya akan mengeluarkan frekuensi radio khusus yang akan mengganggu sinyal panggilan telepon Anda.

Jika Anda melihat ada gangguan sinyal di tempat atau posisi tertentu, berhentilah dan periksa tempat ini dengan cermat untuk mengetahui apakah ada kamera keamanan tersembunyi di sana.

4. Gunakan Senter untuk Menemukan Kamera Tersembunyi

Cara langsung untuk mendeteksi kamera tersembunyi adalah menggunakan senter (berfungsi paling baik dalam kondisi gelap). Nyalakan senter dan matikan lampu di kamar Anda. Geser senter ke sekeliling ruangan.

Pergi perlahan dan periksa posisi mencurigakan dari sudut yang berbeda. Jika Anda melihat ada cahaya reflektif dari suatu objek, mungkin ada kamera tersembunyi di sana.

5. Menggunakan Kamera Ponsel

Cara mengetahui adanya kamera CCTV dapat dilakukan menggunakan kamera ponsel. Kamera ponsel dilengkapi dengan lampu inframerah yang mampu melihat benda tidak kasat mata seperti kamera CCTV. 

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Ciplukan, Buah Semak-semak Yang Kaya Akan Manfaat

Cukup matikan lampu di ruangan kamar saat ingin mulai mendeteksi. Kemudian nyalakan kamera ponsel dan cari mengelilingi kamar. Kalau terlihat benda yang bercahaya ungu atau putih dari layar ponsel, kemungkinan benda itu adalah kamera tersembunyi.

6. Periksa Cermin di Kamar

Ingatlah untuk menemukan kamera tersembunyi di cermin di toilet, ruang ganti atau ruang percobaan, dll. Seperti yang Anda ketahui, beberapa orang jahat akan memasang kamera mata-mata tersembunyi di sisi lain cermin yang tembus pandang, sementara di sisi lain terlihat sama seperti cermin biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: