9 Cara Mendeteksi Kamera CCTV Tersembunyi di Kamar dan di Luar

9 Cara Mendeteksi Kamera CCTV Tersembunyi di Kamar dan di Luar

Mengetahui Ruang Kamar dipasang kamera cctv--

RADARMUKOMUKO.COM – Kita hidup di era digital, harus berhati-hati karena CCTV terpasang dimana-mana.

Mungkin suatu waktu, ada kalanya seseorang butuh kenyamanan dan tidak ingin terekam kamera. Contohnya saat berada dalam kamar, seperti hotel, kamar mandi dan sebagainya.

BACA JUGA:Ciee..! Duda Lebih Disukai Para Gadis, Ternyata Ini Alasannya

Kebiasaan di ruangan tertutup, karena tidak ada orang lain yang melihat, kebanyakan orang kurang memperhatikan pakaiannya.

Bisa saja ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab ingin mengambil kesempatan dengan memasang rekaman CCTV.

Disebagian tempat keberadaan CCTV diberi tahukan oleh pengelolanya dengan memasang tanda, bahwa lokasi tersebut dilengkapi CCTV. Namun di beberapa tempat lagi, tidak ada pengingat terkait CCTV.

Maka sebelum viral dan menjadi kosumsi publik, ada baiknya berhati-hati, periksa lebih dahulu, apakah ada SSTV atau tidak, demi menjadi privasi anda.

Berikut ini 9 cara mendeteksi CCTV tersembunyi dilansir dari berbagai sumber:

1. Memeriksa dengan Cermat

Untuk mengetahui apakah ada CCTV atau tidak, bisa dengan memeriksa secara cermat. Tempat paling umum untuk menemukan kamera tersembunyi di dalam ruangan diantaranya di Kotak TV digital, Soket dinding, Jam dinding atau alarm. Kemudian di pendeteksi asap, peralatan penyaring udara, dekorasi dinding, outlet listrik, lampu lava dan kait pakaian.

BACA JUGA:Keistimewaan Usia 40-an Tahun, Lakukan Ini Agar Bahagia Hingga Kakek Nenek

Beberapa objek mungkin memperlihatkan kabel, lampu, atau lensa mencurigakan yang merupakan ciri khas kamera mata-mata tersembunyi. Jika Anda menemukan beberapa stopkontak atau adaptor yang tidak biasa, segera cabut.

2. Matikan Lampu di Kamar

Cara mengetahui CCTV tersembunyi yaitu dengan mematikan lampu ruangan. Anda dapat menggunakan prinsip kerja kamera keamanan night vision untuk menemukan kamera tersembunyi di kamar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: