9 Cara Mendeteksi Kamera CCTV Tersembunyi di Kamar dan di Luar

9 Cara Mendeteksi Kamera CCTV Tersembunyi di Kamar dan di Luar

Mengetahui Ruang Kamar dipasang kamera cctv--

Jika ada celah antara jari Anda dan gambar, itu adalah cermin nyata. Jika jari Anda dan gambar menyentuh ujung ke ujung, akan ada kamera mata-mata tersembunyi di cermin.

7. Menggunakan Jaringan Wifi

Jaringan Wifi atau hotspot saat ini sudah menjamur di berbagai tempat. Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk mendeteksi kamera CCTV dengan menggunakan aplikasi bernama Fing yang dapat diunduh melalui Android atau iOS.   

BACA JUGA:4 Manfaat Dari Daun Pandan, Diantarannya Bisa Menghitamkan Rambut

Cara kerja dari aplikasi ini adalah untuk melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan lokal. Hubungkan ponsel atau tabletmu ke jaringan Wifi atau hotspot yang tersedia. Kemudian buka aplikasi Fing dan pilih “Refresh” di kanan atas layar aplikasi untuk memulai dan setuju untuk memberikan izin lokasi aplikasi. 

Tunggu sampai aplikasi selesai memindai. Setelah itu, lihat daftar perangkat yang ditemukan. Jika menemukan Nest, Arlo, Wyze atau bahkan IP Camera sebaiknya berhati-hati karena bisa jadi itu adalah kamera CCTV yang tersembunyi.

8. Menggunakan Dektektor Frekuensi Radio

Alat dektektor frekuensi radio memiliki ukuran yang kecil dan mudah dibawa kemana saja. Kamu dapat mendeteksi adanya kameraa CCTV ilegal dengan menggunakan detektor frekuensi radio. Alat ini memiliki fungsi mencari sinyal seperti Bluetooth atau Wi-fi yang biasa digunakan untuk mentransmisikan gambar dari kamera CCTV. Jika alat tersebut berbunyi, maka dipastikan benda itu menangkap sinyal dari kamera CCTV. Sayangnya, harga dari alat ini terbilang cukup mahal.

9. Beli Detektor Kamera

Detektor sinyal RF profesional atau detektor bug kamera tersembunyi lainnya cukup efektif untuk menemukan kamera keamanan tersembunyi.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda saat dibutuhkan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: