Separuh Penduduk Indonesia Suku Jawa, Ini 10 Suku Terbesar

Separuh Penduduk Indonesia Suku Jawa, Ini 10 Suku Terbesar

Separuh Penduduk Indonesia Suku Jawa, Ini 10 Suku Terbesar--

RADARMUKOMUKO.COM –Seperti diketahui, Indonesia dari Sabang sampai Merauke terdiri dari berbagai macam Suku bangsa.  Keragaman ini membuat Indonesia menjadi kuat, “Bhinn eka Tunggal Ika” artinya “berbeda-beda tetapi satu juga".

Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Sensus Penduduk (SP) Tahun 2010 Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau Suku bangsa. Lebih tepatnya, Indonesia memiliki 1.340 Suku bangsa di Tanah Air.

BACA JUGA:Ahli Astronomi Temukan Benua yang Hilang dan Laut Besar di Kerak Bumi

Perlu diketahui, suku terbesar di Indonesia adalah suku jawa yang hampir separuh dari total penduduk Indonesia merupakan suku jawa.

Berikut 10 suku terbesar di Indonesia dilansir dari goodstats.id:

1. Suku Jawa

Suku Jawa menjadi Suku Bangsa dengan populasi paling banyak di Indonesia. Menurut data SP 2010 BPS jumlah populasi Suku Jawa di Indonesia mencapai 95.217.022 jiwa. Angka ini mewakili 40,22 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Umumnya, kelompok Suku Jawa banyak bermukim di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan D.I Yogyakarta. Selain itu, Suku ini juga tersebar di beberapa wilayah, seperti Jakarta, Banten, Lampung dan Sumatra. Bahkan ada beberapa masyarakat Suku Jawa yang bermigrasi ke luar negeri, yakni Suriname dan Malaysia.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Suku Baduy, Sejarah, Tradisi, Adat dan Agama

2. Suku Sunda

Suku Sunda menjadi peringkat kedua sebagai Suku dengan populasi terbanyak di Indonesia, yakni mencapai 36.701.670 jiwa atau setara dengan 15 persen dari total penduduk Indonesia. Suku Sunda banyak mendiami beberapa wilayah di Indonesia, yakni Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

Suku Sunda memiliki banyak warisan budaya yang masih dilestarikan hingga sekarang. Contohnya adalah alat musik kecapi, kesenian sisingaan, wayang golek, tarian khas, dan masih banyak lagi.

3. Suku Batak

Peringkat tiga besar Suku dengan populasi terbanyak di Indonesia selanjutnya berasal dari Sumatra Utara, yakni Suku Batak. Jumlah populasi Suku Batak dalam data SP 2010 BPS mencapai 8.466.969 jiwa atau 3,58 persen dari total penduduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: