Mengenal Lebih Dekat Suku Baduy, Sejarah, Tradisi, Adat dan Agama

Mengenal Lebih Dekat Suku Baduy, Sejarah, Tradisi, Adat dan Agama

Masyarakat Suku Baduy-Istimewa-

RADARMUKOMUKO.COM - Keragaman Indonesia yang cukup terkenal dengan berbagai suku, budaya dan agama menjadi satu di bawah naungan Bendera Merah putih dan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Diantara keberagaman yang ada adalah dengan banyaknya suku yang dimiliki Indonesia dengan ciri khas dan bahasa masing-masing.

Salah satu suku yang ada di Indonesia adalah suku baduy. Suku ini adalah suku pedalaman di Kabupaten Kebak, Provinsi Banten.

BACA JUGA:Benarkah ada Hantu Penunggu dan Arwah Berketayangan Seperti di Film, Begini Pandangan Islam

Suku baduy tetap menjaga teguh prinsip adat istiadat yang mereka miliki, dan tidak terpengaruh dengan zaman. Mereka masih menjaga warisan leluhur yang ada. 

Melansir dari web resmi Kemendikbud, suku baduy merupakan berasal dari Dewa Batara Cikal, yakni dewa yang diturunkan ke bumi.

Batara Cikal merupakan satu di antara 7 Dewa yang diturunkan ke bumi. Ia diturunkan ke bumi untuk mengatur keseimbangan bumi.

BACA JUGA:Bmoney Aplikasi Penjualan Saham dan Investasi, Yik kenali Kenali Fiturnya

Tak hanya itu, suku baduy percaya bahwa mereka juga merupakan keturunan Nabi Adam yang di utus ke bumi untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Sedangkan berdasarkan para ahli, suku baduy berkaitan dengan kerajaan pajajaran. Terdapat juga yang berpendapat bahwa suku baduy adalah suku asli yang lama menetap di kawasan Banten. 

Dalam suku baduy terdiri dari tiga lapisan masyarakat yang berbeda, yaitu : 

a. Suku Baduy Sangka

Lapisan pertama adalah suku baduy sangka yakni sekelompok suku baduy yang tidak tinggal di tanah adat. Lapisan ini sudah tidak terikat dengan aturan dan kepercayaan baduy.

Suku ini sudah lebih memiliki wawasan keluar dan terbeku dengan perkembangan teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: