Belum Miliki Gedung Sendiri, Perpustakaan Daerah Mukomuko Numpang Berkantor di Sekolah

Belum Miliki Gedung Sendiri, Perpustakaan Daerah Mukomuko Numpang Berkantor di Sekolah

Belum Miliki Gedung Sendiri, Perpustakaan Daerah Mukomuko Numpang Berkantor di Sekolah --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Hingga tahun 2023 ini, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Mukomuko belum miliki gedung sendiri, dan masih menempati gedung dengan status pinjam pakai.  

Informasi terbaru, dinas dengan julukan gudang ilmu dan tumpuan informasi tersebut bakal pindah kantor. Semula berkantor di Jalan Fatmawati Desa Ujung Padang segera pindah ke Jalan Sultan Gelumat, Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko, pinjam pakai gedung SMP Negeri 03 Mukomuko. 

BACA JUGA:Rohidin Mersyah Gubernur Bengkulu Raih Opini WTP ke-6

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Mukomuko, Winarto, M.Pd membenarkan hal tersebut. Menurutnya, sementara ini masih dalam proses persiapan pindah kantor. 

‘’Surat pinjam pakai gedung sekolah sudah kita layangkan. Sekarang masih dalam proses persiapan pindah. Karena memindahkan sebuah perpustakaan ini bukan hal mudah, karena banyak barang yang bakal diangkut, jelasnya semua buku yang ada akan kita angkut,’’ ungkap Winarto. 

Bangunan SMP Negeri 03 Mukomuko yang bakal ditempati, bagian gedung yang semula pernah dipinjam pakaikan kepada SMKN 1 Mukomuko. Menurut Winarto, bangunan gedung ini sudah lama ditinggalkan, tentu harus ditata ulang.    

‘’Dulu dipakai sebagai tempat siswa belajar, tentu harus ditata ulang. Tentu proses pindah kantor ini butuh waktu,’’ imbuhnya. 

BACA JUGA:Dramatis, 10 Pemain Timnas Indonesia Taklukkan Vietnam 3 - 2

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M.Si mengakui, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah merupakan OPD yang sudah cukup lama terbentuk yang sampai sekarang belum memiliki kantor sendiri. Meski demikian, pelayanan dan rangkaian program kerja dan kegiatan pada OPD tersebut berjalan baik.

‘’Memang belum miliki kantor sendiri, tetapi pelayanan selama ini untuk masyarakat tetap berjalan baik,’’ kata Sekda. 

Untuk lebih memaksimalkan pelayanan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko terus berjuang, agar ke depan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah bisa memiliki gedung sendiri. 

‘’Dilema belum memiliki gedung sendiri, ya seketika ada yang membutuhkan kita yang pinjam pakai harus terpaksa mengalah. Akan tetapi tidak sebatas itu, Bupati Mukomuko dalam hal ini terus berupaya, bagaimana ke depan perpustakaan yang merupakan gudang ilmu pengetahuan ini bisa memiliki kantor sendiri dan lebih representatif untuk melayani pengunjung,’’ paparnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: