Bupati Mukomuko Rakor dengan Kementerian, Dukung Tematik Kawasan Sentra Produksi Pangan

Bupati Mukomuko Rakor dengan Kementerian, Dukung Tematik Kawasan Sentra Produksi Pangan

Bupati Mukomuko Rakor dengan Kementerian, Dukung Tematik Kawasan Sentra Produksi Pangan-Istimewa-radarmukomuko.com

JAKARTA, RADARMUKOMUKO.COM  – Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA beserta jajaran, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dengan pihak kementerian membahas tentang peningkatan infrastruktur dalam rangka mendukung tematik penguatan kawasan sentra produksi pangan, perikanan dan hewani di Kabupaten Mukomuko

Rakor yang digelar di Meeting Room Erian Hotel Jakarta Pusat, Rabu, 8 Maret 2023, Bupati Mukomuko didampingi langsung oleh Sekda Dr. Abdiyanto, SH., M.Si dan beberapa pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Mukomuko.   

‘’Rakor ini sangat penting, agar kita di daerah dapat mengetahui isu strategis mengenai arah kebijakan pembangunan pusat. Dengan demikian, usulan kita dari daerah dapat disinkronkan dengan rencana pembangunan pusat,’’ kata Abdiyanto.   

Terkhusus untuk agenda Rakor hari ini, rombongan Pemkab Mukomuko dapat menarik beberapa isu strategis arah kebijakan nasional di bidang kelautan dan perikanan tahun 2024.  

BACA JUGA:Wajah Pelaku Pencurian di Sungai Ipuh Terekam CCTV

Dikatakan Abdiyanto, mengenai arah kebijakan pusat untuk bidang kelautan dan perikanan ini disampaikan langsung oleh Direktorat Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 

Kemudian, dari Biro Perencanaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pemkab Mukomuko juga mendapatkan informasi tentang arah kebijakan pembangunan sektor kelautan dan perikanan tahun 2024. 

‘’Misalnya, beberapa program kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2024, termasuk kriteria dan persyaratan dalam menentukan lokpri tematik penguatan kawasan sentra produksi pangan, perikanan dan hewani Biang Kelautan dan Perikanan tahun 2024,’’ sampainya.

Selain itu, dalam Rakor ini Pemkab Mukomuko juga mendapatkan informasi tentang pengembangan wilayah dan investasi di Kabupaten Mukomuko. Terkait hal ini, kata Abdiyanto, langsung disampaikan oleh Deputi Infrastruktur Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. 

Tidak hanya itu, juga membahas isu strategis dan arah kebijakan nasional terhadap program yang mendukung penguatan kawasan sentra produksi pangan, perikanan dan hewani Bidang Pertanian dan Pangan di Kabupaten Mukomuko tahun 2024, bersama Direktorat Pangan dan Pertanian, Bappenas. 


Bupati Mukomuko Rakor dengan Kementerian, Dukung Tematik Kawasan Sentra Produksi Pangan-Istimewa-radarmukomuko.com

Bersama Biro Perencanaan Kementerian Pertanian, juga membahas arah kebijakan pembangunan sektor pertanian dan ketahanan pangan tahun 2024. Seperti program kerja Kementerian Pertanian tahun 2024 dan kriteria dan persyaratan dalam penentuan lokpri tematik penguatan kawasan sentra produksi pangan, perikanan dan hewani Bidang Pertanian tahun 2024.

Di samping itu, juga berkaitan dengan program kerja kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2024. Penentuan lokpri bidang jalan dan bidang irigasi dan program bidang air minum dan sanitasi serta perumahan yang bersumber dari APBN tahun 2024 bersama PFID, Kementerian PUPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: