Unik, Kampanye Cinta Lingkungan Ala SMPN 45, Gelar Turnamen Futsal

Unik, Kampanye Cinta Lingkungan Ala SMPN 45, Gelar Turnamen Futsal

Unik, Kampanye Cinta Lingkungan Ala SMPN 45, Gelar Turnamen Futsal -Istimewa-radarmukomuko.com

RADARMUKOMUKO.COM - JABORA, Singkatan dari JAGA Bumi Oksigen dan udaraRA. Nama tersebut dijadikan nama turnamen futsal oleh SMPN 45 Mukomuko. Turnamen JABORA sebagai salah satu cara untuk mengkampayekan cinta lingkungan. 

Turnamen futsal Jabora Cup III  resmi ditutup. Minggu 25 Februari 2023. Oleh Camat Teramang Jaya, Abdul Hadi, S.Sos. Turnamen ini diselenggarakan oleh SMPN 45 Mukomuko. Beralamat di Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Teramang Jaya. Turnamen tingkat kabupaten ini diikuti oleh 48 tim. Terdiri dari dua kategori. Dengan rincian, tingkat SD/MI sebanyak 20 tim, dan tingkat SMP/MTs 28 tim. Turnamen berlangsung selama 6 hari. Terhitung 20 hingga 25 Februari 2023. Turnamen dibuka secara resmi oleh Koordinator Wilayah (Korwil), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Mukomuko, Lakri, S.Pd, M.Pd. 

BACA JUGA:Peneliti Telah Membuktikan Bahwa Babi Ngepet Itu Mitos, Faktanya Sungguh Mencengangkan!

Seluruh pertandingan digelar di halaman SMPN 45 Mukomuko. Terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pagi hingga siang, untuk tingkat SD/MI. Siang hingga sore, untuk tingkat SMP/MTs. 

Adapun para juara, tingkat SD/MI: Juara 1 SDN 04 Pondok Suguh A. Juara 2 SDN 02 Teramang Jaya A. Dan juara 3 SDN 04 Pondok Suguh B.

Sedangkan juara tingkat SMP/MTs, Juara 1 SMPN 22 Mukomuko A, Juara 2 SMPN 11 Mukomuko. Juara 3 MTs Darul Amal, dan Juara 4 SMPN 22 Mukomuko B.

Juara I tingkat SD/MI, berhak atas uang pembinaan Rp 1 jt, juara II Rp 750 ribu, dan juara II Rp 500 ribu. Sedangkan hadiah untuk tingkat SMP/MTs, juara I Rp 2 jt, juara II Rp 1 jt, dan juara III Rp 500 ribu. 

Dalam acara penutupan, ada hadiah kejutan (bonus) dari Kades Bunga Tanjung, sebesar Rp 1 jt. Untuk top skor tingkat SD/MI dan tingkat SMP/MTs, masing-masing Rp 500 ribu. Tidak mau kalah, Camat juga memberikan amplop khusus untuk 4 Kapten tim, yang bertanding di partai final. Juga untuk panitia terbaik. Begitu juga dengan Sekcam, Dedi Fadly, S.Kom, memberikan hadiah untuk pemain terbaik, untuk tingkat SD dan SMP. 

BACA JUGA:Dihimbau Boros Demi Kelancaran Ekonomi, Jokowi Minta Rakyat Untuk Rajin Nonton Konser

Kepala SMPN 45 Mukomuko, Eka Susita, S.Pd, MM mengucapkan terima kasih, kepada semua pihak yang telah andil menyukseskan turnamen ini. Mulai dari panitia, tim peserta, pendukung/sponsor, hingga pemerintah. Mulai dari pemerintah desa, kecamatan hingga pemerintah kabupaten. 

"Terima kasih kepada semua pihak, atas dukungan dan partisipasinya. Turnamen futsal Jabora Cup III, ini sukses, juga tidak lepas dari dukungan para sponsor. Terima kasih kepada Ayu Teknik,  Penarik dan Nazwa Cafe, Bunga Tanjung," ujar Eka. 

Turnamen ini dimulai pada 2019 lalu. Turnamen ini sempat dihentikan selama 2 tahun, 2021-2022, karena pandemi Covid-19. Pada 2023 ini, kembali digelar. 

"Turnamen ini menjadi agenda rutin setiap tahun. Kemarin sempat dihentikan, karena pandemi," ungkap Eka. 

Banyak manfaat atas diselenggarakannya turnamen ini. Diantaranya menjadi ajang silaturahmi sesama siswa dan guru antar sekolah. Juga ajang mengasah bakat anak-anak dalam bermain futsal. Mendidik anak untuk disiplin, sportif, dan berkarakter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: