Dana Desa Tanjung Mulya Targetkan 4 Pembangunan Fisik, Siap Direalisasikan!

Dana Desa Tanjung Mulya Targetkan 4 Pembangunan Fisik, Siap Direalisasikan!

Kantor Desa Tanjung Mulya--

XIV KOTO, RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa Tanjung Mulya, Kecamatan XIV Koto, pada Pencairan Dana Desa (DD) TA 2023 akan merealisasikan empat program fisik. 

Pembangunan ini merupakan hasil musyawarah Pemerintah Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan tokoh masyarakat. 

Kades Tanjung Mulya, Wardoyo, melalui Kaur Keuangannya, Nuraini S.Kom mengatakan, setidaknya ada empat kegiatan pembangunan fisik akan direalisasikan TA 2023. 

Adapun kegiatan fisik yaitu, melakukan normalisasi siring di lahan pertanian masyarakat. Karena siring sudah dipenuhi lumpur sehingga menghambat aliran air dan sering mengakibatkan banjir saat musim hujan. 

BACA JUGA:Pemkab Santuni 302 Anak Yatim di Momen HUT ke 20 Kabupaten Mukomuko

Kemudian melakukan pembangunan rabat beton di RT 21 dan RT 9. Lalu melakukan pengoralan dan  memasang paping blok di jalan yang digunakan masyarakat untuk akses kelahan pertanian. 

“Setidaknya ada empat kegiatan fisik yang akan kita realisasikan pada tahun 2023” ujar Nuraini.

Masih Nuraini, pada program ketahanan pangan ditahun 2023 akan dialihkan ke hewani. Yaitu pembesaran hewan ternak berupa sapi, dengan jumlah kurang lebih 12 ekor sapi. 

Dimana program ini sebenarnya telah dilakukan pada tahun 2022 lalu dan dinilai cukup sukses. Sehingga akan dilakukan kembali program ketahanan pangan yang sama ditahun ini.

Sedangkan untuk program nasional lainnya tetap menjadi prioritas utama karena bersifat wajib. 

BACA JUGA:Jalan Santai Bertabur Doorprize di Teramang Jaya, Meraihkan HUT Kabupaten Mukomuko ke-20

Seperti penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ekstrim, melaksanakan kegiatan pencegahan dan penanganan stunting serta kegiatan pemberdayaan masyarakat. 

Untuk kegiatan penyaluran BLT-DD di TA 2023 akan disalurkan kepada 27 KPM, lebih sedikit dari pada tahun sebelumnya yaitu 89 KPM.

“ Kita juga akan melakukan pembesaran hewan ternak berupa sapi pada program ketahanan pangan, kemudian program nasional yang lainnya tetap kita prioritaskan juga” tutup Nuraini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: