Dana Desa Tirta Makmur Bangun 1 Kilometer Jalan Usaha Tani

Dana Desa Tirta Makmur Bangun 1 Kilometer Jalan Usaha Tani

Kantor Desa Tirta Makmur-Deni- radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Dana Desa Tirta Makmur, Kecamatan Air Manjuto, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu tahun 2023, bakal direalisasikan untuk pembangunan 1 Kilometer (Km) Jalan Usaha Tani (JUT). 

Kepala Desa Tirta Makmur, Suwajianto menyampaikan, JUT yang bakal dibangun tahun ini bersumber dari pencairan Dana Desa Tahap 1, sebesar 40 persen. 

‘’Kegiatan pembangunan JUT ini berdasarkan hasil musyawarah pemerintah desa dan BPD serta tokoh masyarakat,’’ kata Suwajianto. 

Adapun JUT yang bakal dibangun, pembukaan ruas jalan baru di Dusun 1 dan Dusun II Tirta Makmur. Harapannya, dapat mempermudah akses masyarakat, terutama dalam mengeluarkan hasil pertanian. 

Dijelaskan Suwajianto, selain itu Dana Desa tahun ini juga bakal dimanfaatkan untuk kegiatan pembangunan plat duiker, perbaikan saluran drainase dan lainnya. 

BACA JUGA:Kecamatan Air Manjuto Belum Tersentuh Pelayanan PDAM

“Ada beberapa kegiatan fisik yang kita lakukan di 2023 ini, yaitu pembukaan badan jalan dan pembangunan plat duiker,” kata Suwajianto Kades Tirta Makmur.

Selain fokus pada kegiatan fisik, Pemerintah Desa Tirta Makmur juga tetap akan melaksanakan kegiatan nasional. 

Program ketahanan pangan tahun ini akan dialihkan ke Jalan Usaha Tani (JUT) supaya merata dirasakan oleh semua masyarakat.

Tetapi untuk program wajib lainnya tetap direalisasikan, seperti penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ekstrim. Tahun ini berjumlah 23 KPM. Kemudian melaksanakan kegiatan pencegahan dan penanganan stunting serta kegiatan pemberdayaan masyarakat. 

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Buru Dana Inpres Rp 31 Triliun, Jalan Ini Bakal Dibangun

Untuk realisasi semua kegiatan akan mulai dilakukan ketika pencairan DD tahap I. Desa Tirta Makmur saat ini baru akan pengajuan, namun untuk semua dokumen persyaratan sudah final semua. 

“Program ketahanan pangan kita alihkan ke JUT, selain itu program nasional yang lain tetap akan kita realisasikan setelah pencairan DD tahap I,” tutup Kades. * 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: