Empat Desa Direkomendasikan Pengajuan

Empat Desa Direkomendasikan Pengajuan

Kantor Bupati Mukomuko--

SUNGAI RUMBAI, RADARMUKOMUKO.COM - Setelah mengevaluasi, register, dan menetapkan APBDes 2023, Kecamatan Sungai Rumbai langsung memberi rekomendasi empat desa untuk pengajuan tahap I.

Yaitu, Desa Gading Jaya, Desa Padang Gading, Desa Gajah Mati dan Desa Banjar Sari.

Sementara lima desa lagi masih dalam proses penetapan APBDes dan mempersiapkan berkas pengajuan tahap I. Hingga saat ini Kecamatan Sungai Rumbai terus mengimbau masing-masing desa untuk mempercepat menetapkan APBDes dan menyampaikan pengajuan pencairan Dana Desa (DD) tahap I 2023. 

BACA JUGA:Nasib Honorer Final, Ini Penjelasan Dinas untuk 2023

Camat Sungai Rumbai, Rudi Hartono, SH mengatakan, sejauh ini semua desa yang ada di wilayah sungai rumbai sudah evaluasi berkas APBDes. Terakhir kemarin Desa Sumber Makmur. Kalau tidak ada halangan dalam Minggu ini Desa Sumber Makmur register APBDes di bagian hukum Setdakab Mukomuko.

"Kecuali desa sumber makmur semuanya sudah register APBDes. Dan sekarang bagi desa yang sudah register ini, mulai mempersiapkan berkas pengajuan. Mungkin minggu depan semua desa di wilayah sungai rumbai sudah menyampaikan pengajuan DD tahap I tahun 2023," kata Rudi Hartono.

Sambungnya, semua desa harus bisa melakukan percepatan. Karena banyak program nasional yang harus direalisasikan oleh desa. Selain itu, juga ada program yang menjadi prioritas desa itu sendiri. Seperti pembangunan fisik dan kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya.

BACA JUGA:Gajah Mati Bangun SDM Jajaran Pemdes

Kalau saat ini desa sudah menyampaikan pengajuan, mungkin Februari mendatang sudah bisa pencairan. Dan kegiatan yang bersumber dari DD tahap I sudah bisa direalisasikan.

"Kalau lebih cepat, maka desa memiliki waktu lebih lama untuk merealisasikan kegiatan. Sampai saat ini kita terus minta desa untuk melakukan percepatan termasuk percepatan realisasi kegiatan APBDes," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: