Tenaga Honorer Prioritas Utama Diangkat PPPK, CPNS Dibuka Umum

Tenaga Honorer Prioritas Utama Diangkat PPPK, CPNS Dibuka Umum

Ilustrasi Tes PPPK--

BACA JUGA:9 Unit Jembatan Rusak Berat, Rawan Dilewati Warga, Ini Daftarnya

Pemerintah sendiri masih melakukan analisis tentang kebijakan mana saja yang akan terkena dampak dari perkembangan dan kemajuan teknologi digital.

“Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi agar tidak tergerus zaman,” jelas Menteri Anas.

Ada beberapa profesi dan golongan yang diprioritaskan diangkat menjadi ASN oleh pemerintah lewat CASN 2023.

Khusus untuk seleksi CPNS tahun depan, prioritas pemerintah untuk melakukan pemenuhan kebutuhan profesi tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya termasuk talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas sesuai Peraturan Menteri PANRB No. 45/2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Bagi lowongan PPPK, pemerintah akan lebih memfokuskan mengangkat tenaga honorer pendidikan dan tenaga kesehatan untuk diprioritaskan menjadi ASN.

Sampai saat ini, MenpanRB meminta kepala daerah untuk segera melakukan pendataan dan usulan soal jumlah ASN yang dibutuhkan untuk diisi di setiap instansi pemerintah daerah.

Berdasarkan usulan kebutuhan dari kementerian, lembaga, dan pemda akan ditetapkan formasi dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis Kepala BKN.

Dalam rekrutmen CASN 2023 ini, Azwar Anas menyebutkan beberapa variabel yang menjadi kriteria untuk merekrut PNS dan juga PPPK, mulai dari jumlah PNS yang pensiun, program strategis nasional, geografis dan juga besaran anggaran.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: