Uang yang Dimakan Rayap bisa Ditukar di Bank? Apa Benar?

Uang yang Dimakan Rayap bisa Ditukar di Bank? Apa Benar?

Uang Dimakan Rayap bisa Ditukar di Bank--

RADARMUKOMUKO.COM - Pihak Bank Indonesia (BI) mengajak kepada seluruh warga Indonesia untuk menjaga dan merawat uang kertas mereka sehingga tidak dimakan rayap.

BACA JUGA:Persiapan Keberangkatan Jamaah Umrah, Alfa Tours Gelar Manasik

Analis Senior Departemen Pengelolaan Uang BI Deviana Anthony mengatakan hal itu saat sosialisasi mengenai uang Rupiah baru Tahun 2022 dalam rangkaian acara Jakarta Maritim Fest 2022 di Jakarta Utara, pada Agustus 2022 lalu

“Mari merawat uang kita, simpannya di rumah boleh asal proper misalnya diputar lagi untuk kegiatan produktif buat modal kerja atau tempat-tempat yang memberikan manfaat lebih buat perekonomian,” ajak Devina.

BACA JUGA:Hari Pertama Masuk Sekolah, Pasca Libur Semester, Begini Penampakan Suasananya

Salah seorang warga yang hadir dalam sosialisasi tersebut menanyakan kepada pihak BI terkait  apakah uang yang sudah dimakan rayap bisa ditukar atau tidak

Pertanyaan tersebut pun di jawab oleh Devina. Ia mengatakan tidak semua uang tersebut bisa diganti.

BACA JUGA:Sempat Diburu Emak-Emak Mati-Matian, Begini Nasib Janda Bolong Dkk

Uang rusak bisa ditukar dengan uang baru jika minimal bentuknya menyisakan dua pertiga bagian dan masih dapat diyakini keasliannya, dari indikator benang pengaman, kelengkapan nomor serinya.

Deviana juga menambahkan penukaran uang yang tidak memenuhi kriteria perlu diantisipasi oleh Bank Indonesia untuk mencegah penukaran uang asli dengan uang palsu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Artikel ini sudah terbit di Fin.co.id dengan judul “Apakah Uang Dimakan Rayap Bisa Diganti? Ini Penjelasan Bank Indonesia”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: