Di Balik Keindahannya Bunga Sepatu juga Memiliki Banyak Manfaat Lhoo, Ayok Simak Ulasannya di Sini!

Kamis 22-08-2024,07:30 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan berkontribusi pada penuaan dini serta berbagai penyakit kronis.

Mengonsumsi teh bunga sepatu atau menggunakan ekstraknya dalam perawatan kulit dapat membantu meningkatkan perlindungan tubuh terhadap stres oksidatif. 

Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan secara umum, tetapi juga dapat membantu menjaga kecantikan kulit dari dalam.

Menjaga Kadar Gula Darah

Penelitian terbaru menunjukkan potensi bunga sepatu dalam membantu mengelola diabetes. Ekstrak bunga sepatu telah terbukti memiliki efek hipoglikemik, yang berarti dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Kandungan senyawa bioaktif dalam bunga sepatu, seperti polifenol dan flavonoid, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi penyerapan glukosa di usus. Ini dapat membantu mengontrol lonjakan gula darah setelah makan.

Meskipun demikian, penting untuk dicatat bahwa penggunaan bunga sepatu sebagai pengobatan diabetes harus dilakukan di bawah pengawasan profesional kesehatan. Bunga sepatu sebaiknya dilihat sebagai pelengkap, bukan pengganti, untuk pengobatan diabetes konvensional.

Menjaga Kesehatan Kulit

Bunga sepatu telah lama digunakan dalam perawatan kecantikan tradisional, dan untuk alasan yang baik. 

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam bunga sepatu berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang penting untuk kekenyalan dan elastisitas kulit.

Selain itu, sifat anti-inflamasi bunga sepatu dapat membantu meredakan berbagai masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. 

Penggunaan masker wajah yang dibuat dari bunga sepatu yang dihaluskan dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan memberikan kelembapan alami.

Ekstrak bunga sepatu juga sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena kemampuannya dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. 

Ini membuatnya menjadi bahan yang ideal untuk produk perawatan kulit anti-penuaan.*

Kategori :