Fenomena Gerhana Bulan Penumbra akan Menghiasi Langit Malam Indonesia, Berikut Tanggalnya

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra akan Menghiasi Langit Malam Indonesia, Berikut Tanggalnya

Gerhana Matahari-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Setelah mengalami Gerhana Matahari Hibrida beberap waktu yang lalu, Indonesia kembali akan disapa dengan fenomena alam gerhana yaitu gerhana Bulan Penunbra.

Gerhana bulan sendiri merupakan suatu peristiwa terhalangnya cahaya matahari yang diakibatkan oleh bayangan bumi sehingga cahaya matahari tidak sampai ke bulan.

Peristiwa ini makan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi dari matahari, bumi, dan bulan. Tak hanya itu, fenomena ini dapat terjadi pada saat Fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Hal ini seperti disampikan oleh Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika.

“ Gerhana Bulan Pemumbra terjadi saat posisi Bulan-Matahari-Bumi berada pada posisi yang sama dan sejajar. Hal ini membuat bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi, “ tersng BMKG.

BACA JUGA:Siswi MAN IC Benteng Nayla Dwi Anjani Deterima di Kampus No 2 Dunia Curtin University Australia

Akibat dari fenomena ini, maka bulan akan terlihat lebih redup saat purnama yang terjadi pada puncak gerhana.

Fenomena gerhana bulan penumbra ini akan dimulai pada 5 Mei 2023 pada pukul 22. 12 WIB dan berada di puncaknya pada 6 Mei 2023 pada pukul 00:22 WIB.

Kemudian, fenomena gerhana bulan ini akan berakhir pada pukul 02.33 WIB, sehingga total durasi gerhana ini adalah 4 jam 21 menit dan 28 detik.

BACA JUGA:Ini 4 Kampus di Bengkulu Masuk Rangking Dunia Versi UniRank Tahun 2023, UNIB Menduduki Peringkat 55 Nasional

Berbda dari Gerhana Matahari Hibrida yang hanya terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, Gerhana Bulan Penumbra inj Dapat disebutkan di seluruh wilayah Indonesia secara gerhana dimulai hingga berakhir.

Tak hanya itu, Fenomena alam ini juga dapat disaksikan di beberapa wilayah seperti sebagian besar Asia, Australia, sebagian kecil Afrika, dan sebagian Rusia.

Tak hanya Gerhana Matahari Hibrida dan Gerhana Bulan, kabarnya Indonesia juga akan disapa kembali oleh fenomena alam yaitu Gerhana Matahri Cincin Yang diperkirakan akan terjadi pada 13 Oktober dan Gerhana Bulan Sebagaian Yang diperkirakan akan terjadi pada 29 Oktober 2023.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: