5 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Menunda, Coba Sekarang!

5 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Menunda, Coba Sekarang!

5 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Menunda, Coba Sekarang!--Sumber Foto :

RMONLINE.ID - Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, atau procrastination, adalah tantangan yang dihadapi banyak orang, terutama di era digital saat ini, di mana gangguan sangat mudah didapat. 

Kebiasaan ini tidak hanya mengganggu produktivitas, tetapi juga dapat menyebabkan stres dan kecemasan. Untuk membantu kamu mengatasi kebiasaan ini, berikut adalah lima cara ampuh yang dapat kamu terapkan:

1. Buat To-Do List

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi kebiasaan menunda adalah dengan membuat daftar tugas harian. Dengan menyusun daftar ini, kamu bisa merencanakan apa yang perlu dikerjakan secara terstruktur. 

BACA JUGA:Mengenal Istilah Doom Spending yang Ramai di Kalangan Gen Z dan Milenial

BACA JUGA:5 Ide Bisnis Buat Para Introvert yang Minim Interaksi dengan Orang Lain

Cobalah untuk menuliskan semua tugas sebelum tidur, sehingga saat bangun, kamu tidak perlu lagi berpikir tentang apa yang harus dilakukan. 

Ketika kamu menandai tugas yang telah selesai, rasa pencapaian akan memberi motivasi tambahan untuk melanjutkan pekerjaan lainnya. Untuk meningkatkan efektivitas, prioritas tugas dalam daftar tersebut berdasarkan deadline dan tingkat kesulitan.

2. Terapkan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah metode manajemen waktu yang membagi waktu kerja menjadi interval 25 menit yang diikuti dengan istirahat selama 5 menit. Setelah empat sesi kerja, ambil istirahat lebih panjang (15-30 menit).

Metode ini membantu meningkatkan fokus dan produktivitas, serta memberi waktu untuk beristirahat, yang penting untuk menjaga stamina mental. 

BACA JUGA:6 Cara Membantu Anak Pemalu Jadi Lebih Percaya Diri, Penting Orang Tua Tahu

BACA JUGA:Jaga Peliharaan Hewan di Aviary! Begini Tips Mencegah Predator Memangsa Burung di Aviary

Dengan memberikan dirimu waktu untuk beristirahat, kamu dapat kembali bekerja dengan pikiran yang lebih segar dan siap untuk menghadapi tantangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: