6 Tanda Kamu Kurang Merawat Diri Sendiri dengan Baik

6 Tanda Kamu Kurang Merawat Diri Sendiri dengan Baik

6 Tanda Kamu Kurang Merawat Diri Sendiri dengan Baik--Sumber Foto : Halodoc

RMONLINE.ID - Merawat diri sendiri merupakan hal esensial yang sering kali terabaikan, terutama ketika kita sibuk dengan pekerjaan, tanggung jawab keluarga, atau kehidupan sehari-hari. 

Namun, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu mungkin kurang merawat diri dengan baik, baik secara fisik maupun mental. Berikut adalah enam tanda yang perlu diwaspadai:

1. Kabut Otak (Brain Fog)

Kabut otak terjadi ketika otak kamu tidak mampu bekerja dengan optimal. Kamu mungkin kesulitan untuk fokus, mengingat sesuatu, atau memahami informasi dengan baik. 

BACA JUGA:Rekomendasi Drama Korea dengan Tema Sandwich Generation yang Relate dengan Kehidupanmu

BACA JUGA:Berapa Lama Kucing Boleh Ditinggal Sendirian di Dalam Rumah?

Ini biasanya disebabkan oleh kurangnya tidur atau kelelahan yang berkepanjangan. Meskipun penurunan kognitif bisa terjadi seiring penuaan, ketika hal ini sering terjadi di usia muda, bisa jadi ini adalah tanda bahwa kamu perlu lebih banyak istirahat dan waktu untuk diri sendiri. 

Selain tidur yang cukup, menjaga otak tetap aktif melalui aktivitas seperti membaca atau bermain teka-teki juga bisa membantu.

2. Penurunan Gairah Seksual

Gairah seksual yang menurun bisa menjadi indikator bahwa kamu terlalu stres atau hormon dalam tubuh tidak seimbang. 

Hal ini kerap kali terjadi akibat tekanan pekerjaan atau tanggung jawab yang berlebihan, yang akhirnya mempengaruhi kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. 

Ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan masalah yang lebih serius seperti kelelahan kronis, depresi, hingga kenaikan berat badan. 

BACA JUGA:10 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Alami dan Cepat

BACA JUGA:Stop Pakai Deodoran! Atasi Bau Badan Secara Alami dengan Konsumsi Sayuran dan Umbi-umbian Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: