Lahan Depan RSUD Mukomuko Disulap jadi RTH, Pagu Dana Rp990 Juta

Lahan Depan RSUD Mukomuko Disulap jadi RTH, Pagu Dana Rp990 Juta

Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Pengendalian Pencemaran Dinas LH Kabupaten Mukomuko, Ali Mukibin memberi keterangan terkait rencana pembangunan RTH Mukomuko, Jumat, 23 Agustus 2024--Foto : Ibnu Rusdi

Ali menyampaikan, ada beberapa item kegiatan yang akan dilaksanakan dalam kesatuan pekerjaan RTH sesuai dengan ketersediaan dana yang diluncurkan tahun ini. 

Kesatuan pekerjaan itu meliputi pekerjaan persiapan pasangan, pembuatan papan kegiatan, biaya mobilisasi dan sewa barang. 

Kemudian, kata Ali, dalam kegiatan proyek RTH ini juga ada kegiatan dalam bentuk stripping atau pembersihan lokasi lahan sebagai tempat pembangunan. 

‘’Karena bentuk lokasi lahan RTH belum rata, dan ada bagian yang harus distripping,’’ kata Ali. 

Dalam kegiatan pembangunan RTH, juga ada kegiatan bekisting. Bekisting ini berupa kegiatan betonisasi, untuk penahan beban permukaan. 

Pekerjaan bekisting yang dimaksudkan, berupa pembuatan plat duiker, pembangunan area parkir kendaraan dengan menggunakan vaving blok, dan areal jogging track. 

‘’Karena situ ada jalan masuk, maka juga akan plat duiker. Kemudian area parkir, untuk jalan di dalamnya akan menggunakan vaving block. Kemudian, ada pekerjaan pasangan jogging tracknya juga,’’ jelas Ali. 

BACA JUGA:Aparat Gabungan Hadang Sejumlah Massa Aksi Tolak Hasil Pilkada Serentak 2024 di Mukomuko

BACA JUGA:Lowongan Kerja, Pemkab Mukomuko Buka Pendaftaran 150 Formasi CPNS

Selain itu, dalam kegiatan pembangunan RTH juga akan dilaksanakan kegiatan penghijauan atau pohon pelindung tempat berteduh bagi pengunjung.  

Dijelaskan Ali, tanaman pilihan yang bakal ditanam menghiasi kawasan RTH, yakni ada jenis pohon ketapang cendana. Selanjutnya, juga bakal ditanami beberapa jenis tanaman buah.  

‘’Di situ juga akan ditanami tanaman buah, yakni kelengkeng, jeruk, matoa, tabebuya, ada mangga, durian, rambutan dan cempaka taman,’’ papar Ali. 

RTH Mukomuko bakal dibangun tahun ini diperkirakan mampu menampung ribuan pengunjung. 

Namun untuk memaksimalkan areal RTH ini, perlu adanya kegiatan pembangunan secara berkelanjutan. 

‘’Mudah-mudahan untuk kegiatan pembangunan tahap awal ini dapat berlangsung lancar. Dengan harapan, kawasan RTH ini terus dilakukan pengembangan, yang tentunya juga didukung dari anggaran pembiayaan,’’ demikian Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: