5 Barang Bawaan yang Ngga Boleh Masuk Bagasi Pesawat Terbang, Bisa Berbahaya

5 Barang Bawaan yang Ngga Boleh Masuk Bagasi Pesawat Terbang, Bisa Berbahaya

5 Barang Bawaan yang Ngga Boleh Masuk Bagasi Pesawat Terbang, Bisa Berbahaya-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID -  Saat traveling dengan pesawat, kita harus mematuhi berbagai aturan dan regulasi demi keselamatan bersama. 

Salah satu yang paling penting adalah memahami barang apa saja yang tidak boleh masuk ke dalam bagasi. 

Ada beberapa barang yang jika dibawa dalam bagasi bisa sangat berbahaya. Berikut, barang bawaan yang nggak boleh masuk bagasi pesawat terbang dan alasannya!

1. Power Bank dan Baterai Lithium

Power bank dan baterai lithium memang sudah jadi barang wajib bagi para traveler yang nggak mau kehabisan daya di tengah jalan. 

BACA JUGA:Bagaimana Jadinya Jika Subsidi Bensin dan Gas Dihapuskan?

BACA JUGA:Inilah Alasan Mengapa Para Samurai Tak Pernah Menggunakan Perisai Saat Bertarung

Tapi, kamu harus tahu kalau barang-barang ini nggak boleh dimasukkan ke dalam bagasi. Kenapa? Karena baterai lithium berpotensi meledak atau terbakar jika terkena tekanan atau panas yang ekstrem. 

Jadi, pastikan kamu menyimpan power bank dan baterai cadangan di dalam tas kabin. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu, kru kabin bisa segera mengambil tindakan.

2. Cairan dalam Jumlah Besar

Aturan soal cairan memang bikin ribet, tapi itu semua demi keamanan. Cairan dalam jumlah besar, seperti parfum, sampo, atau minuman, nggak boleh masuk bagasi. Cairan yang bocor bisa merusak barang-barang lain atau bahkan menyebabkan kebakaran jika terkena percikan listrik. 

Batasan umum untuk membawa cairan ke dalam pesawat adalah 100 ml per wadah, dan semuanya harus dimasukkan ke dalam kantong plastik transparan yang bisa ditutup ulang. Kalau memang perlu bawa cairan dalam jumlah besar, lebih baik dikirim lewat kargo.

3. Barang yang Mudah Meledak

Barang-barang yang mudah meledak, seperti kembang api, petasan, atau bahkan aerosol dalam jumlah besar, tentu saja dilarang masuk ke dalam bagasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: