BREAKING NEWS, Gempa Bumi M4,7 Guncang Pesisir Selatan, Berikut Pesan BMKG

BREAKING NEWS, Gempa Bumi M4,7 Guncang Pesisir Selatan, Berikut Pesan BMKG

Gempa Bumi--

RMONLINE.ID - Jumat, 14 Juni 2024 sekitar pukul 12:39:43 WIB wilayah Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera barat (Sumbar) yang berbatasan dengan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4.7. 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.87° LS ; 100.39° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 57 Km BaratLaut Airhaji, PESISIR SELATAN, SUMATERA BARAT pada kedalaman 25 km.

BACA JUGA:Besok KPU Mukomuko Gelar Jalan Santai Hingga Pesta Rakyat Menghadirkan Band Gigi

Terus dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Pesisir Selatan dan Padang dengan skala intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan seperti truk yang melintas), Kerinci II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI," kata Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Dr. Suaidi Ahadi, S.T, M.T.

BACA JUGA:Pejabat Dinas Perikanan Mukomuko Ungkap Rencana Pengembangan TPI jadi Pelabuhan PPI Masuk Dalam Agenda RIPN

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: