Berikut Jejak Islam di Negeri Gajah Putih: Peninggalan Bersejarah di Thailand

Berikut Jejak Islam di Negeri Gajah Putih: Peninggalan Bersejarah di Thailand

Berikut Jejak Islam di Negeri Gajah Putih: Peninggalan Bersejarah di Thailand-Ilustrasi -Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Thailand, sebuah negara yang kerap diidentikkan dengan kuil-kuil Buddha dan festival-festivalnya yang meriah, ternyata menyimpan jejak-jejak Islam yang tak kalah menarik. 

Meskipun hanya sekitar lima persen dari populasi Thailand adalah Muslim, negara ini memiliki lebih dari 3,494 masjid yang tersebar di seluruh penjuru negeri, dengan sebagian besar berada di wilayah utara dan sekitar 170 masjid di Bangkok.

Salah satu masjid yang paling unik dan bersejarah adalah Masjid Ton Son yang telah berdiri sejak tahun 1688. Masjid ini didirikan pada zaman Raja Narai dan terletak hanya beberapa meter dari Wat Arun, salah satu destinasi wisata terkenal di Thailand. 

BACA JUGA:4 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Melembutkan Daging Sendiri Di Rumah Tanpa Presto

BACA JUGA:Sering Dijadikan Sebagai Hadiah Lebaran, Ternyata Ini Perbedaan Parcel dan Hampers, Sudah Tahu?

Masjid Ton Son, yang dalam bahasa Thailand berarti ‘pohon pinus kembar’, mendapatkan namanya dari pohon pinus kembar yang berdiri di gerbang masuknya. 

Arsitektur masjid ini merupakan perpaduan antara tradisi Thailand yang didominasi warna gading dan emas dengan sentuhan Timur Tengah.

Di bagian selatan Thailand, terdapat provinsi Pattani yang mayoritas penduduknya adalah Muslim. 

Pattani, yang dulunya merupakan bagian dari Kerajaan Pattani Raya, sebuah kesultanan Melayu yang berdiri sekitar abad ke-15, kini menjadi saksi bisu perkembangan Islam di Thailand. 

Di sini, kita dapat menemukan Masjid Kru Se yang didirikan pada tahun 1387, menjadikannya masjid tertua di Thailand.

Masjid lain yang tidak kalah penting adalah Masjid Jawa, yang dibangun oleh komunitas Muslim Jawa yang tinggal di Thailand. 

Masjid ini dibangun melalui galangan donasi dari komunitas Muslim setempat dan menggabungkan ornamen Jawa dengan arsitektur Thailand.

Peninggalan sejarah Islam di Thailand tidak hanya terbatas pada masjid-masjidnya yang megah, tetapi juga pada pesantren dan makam ulama yang tersebar di berbagai wilayah. 

BACA JUGA:Tanda Bahwa Kamu Adalah Sosok yang Memiliki Adab Tinggi saat Ngobrol Dengan Orang Lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: