Bukti Islam Ada di Inggris, Ini Masjid Pertama Di London

Bukti Islam Ada di Inggris, Ini Masjid Pertama Di London

Bukti Islam Ada di Inggris, Ini Masjid Pertama Di London-Ilustrasi -Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Inggris, sebuah negara yang dikenal dengan sejarah panjang dan tradisi yang kaya, juga menyimpan warisan peradaban Islam yang mengagumkan. 

Di antara bangunan-bangunan bersejarah dan kehidupan modern yang sibuk, terdapat jejak-jejak Islam yang telah terukir sejak berabad-abad yang lalu.

Salah satu peninggalan yang paling menonjol adalah Masjid Fazl, masjid pertama di London yang dibangun pada tahun 1926. Masjid ini tidak hanya menjadi simbol dari kehadiran Islam di Inggris, tetapi juga menjadi pusat kegiatan komunitas Muslim yang beragam. 

Masjid Fazl, bersama dengan Masjid Baitul Futuh dan Masjid Jamea di Preston, merupakan contoh nyata dari arsitektur Islam yang indah dan fungsional.

BACA JUGA:PUPR Alokasi Dana Miliaran Rupiah untuk Perbaikan Infrastruktur Jalan Kota Mukomuko

BACA JUGA:Penataan Taman Kota Program Prioritas 2024, Ini Penjelasan PUPR Mukomuko

Di sisi lain, Museum Inggris menyimpan koleksi yang tak ternilai dari peradaban Islam. 

Mulai dari logam bersejarah dari dinasti Moghul, Mamluk, dan Safawi, hingga mushaf Alquran kuno dan lembaran kaligrafi yang telah berusia ratusan tahun. 

Salah satu artefak yang paling memukau adalah manuskrip yang ditulis dalam gaya kufi oleh juru tulis Suriah pada abad kesembilan dan kesepuluh.

Tidak hanya itu, pengaruh arsitektur Islam juga dapat dilihat pada beberapa bangunan ikonik di Inggris. 

Misalnya, Brighton Pavilion, Big Ban, hingga Katedral Durham, yang semuanya terinspirasi oleh gaya arsitektur Islam dari Andalusia, Ottoman, dan bangsa Arab. 

Ini menunjukkan bahwa pengaruh Islam telah meresap ke dalam berbagai aspek kehidupan di Inggris, dari arsitektur hingga kebudayaan.

Perkembangan Islam di Inggris juga ditandai dengan adanya World Islam Festival yang dimulai pada April-Juni tahun 1976, di mana panitia berhasil mengumpulkan berbagai barang dan kebudayaan Islam dari hampir 30 negara. 

BACA JUGA:Nama-Nama 45 Anggota DPRD Provinsi Benglulu Yang Akan Dilantik dan Parpolnya

BACA JUGA:Lima Ribuan Warga Mukomuko Bergerak di Bidang UMKM, Sektor Kuliner Mendominasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: