Kualitas Lingkungan Cukup Baik, IKLH Kabupaten Mukomuko Peringkat 4 di Provinsi Bengkulu

Kualitas Lingkungan Cukup Baik, IKLH Kabupaten Mukomuko Peringkat 4 di Provinsi Bengkulu

Kualitas Lingkungan Cukup Baik, IKLH Kabupaten Mukomuko Peringkat 4 di Provinsi Bengkulu--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Data membuktikan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Kabupaten Mukomuko tahun 2023, masih dalam kategori cukup baik dan berada di peringkat 4 tingkat Provinsi Bengkulu.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Mukomuko, Budiyanto, S. Hut., M.IKom ketika dikonfirmasi, mengungkapkan, predikat IKLH (Indeks Lingkungan Hidup) bukan dari hasil penilaian Dinas LH Kabupaten Mukomuko. 

Menurut Budiyanto, predikat penilaian tersebut diterbitkan secara resmi dan transparan oleh instansi berwenang di tingkat Provinsi Bengkulu bahkan nasional.

‘’Dari hasil penilaian IKLH tahun 2023. IKLH Kabupaten Mukomuko di posisi sedang, dengan perolehan nilai 69,44 dengan indeks respons 12,59,’’ kata Budiyanto.  

BACA JUGA:Bupati Selamat, Ini Kronologis Lengkap Kecelakaan Melibatkan Mobnas Fortuner

Secara garis besar, di tingkat nasional Kabupaten Mukomuko berada di posisi peringkat 212 dari 514 kabupaten/kota. Sementara dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu, berada di peringkat 4. 

‘’Nilai Indeks 69,44, dilihat dari progresif penilaian masuk dalam kategori cukup baik,’’ imbuhnya. 

Budiyanto menjelaskan, Indeks Kualitas Lingkungan Hidup atau di singkat dengan IKLH merupakan gambaran atau indikasi awal yang memberikan kesimpulan cepat dari suatu kondisi lingkungan hidup dalam lingkup dan periode tertentu. 

Ditegaskan Budiyanto, penyusunan IKLH dengan tujuan untuk memberikan informasi yang akurat atas kondisi lingkungan hidup pada suatu daerah. Tujuan penyusunan IKLH ini, sebagai bahan evaluasi para pemangku kebijakan. 

‘’Guna penyusunan IKLH ini, sebagai dasar acuan para pemangku kebijakan dalam mengambil langkah kebijakan pembangunan yang berkelanjutan,’’ bebernya.   

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Klarifikasi Soal Kecelakaan di Bengkulu Utara

Kebijakan arah pembangunan yang dimaksudkan terkhusus terkait dengan persoalan lingkungan. Dengan target capaian, kata Budiyanto, mewujudkan program pemerintah berkelanjutan dalam hal memberikan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. 

‘’IKLH ini model penilaian sebagai pertimbangan dan evaluasi arah kebijakan pembangunan yang beriringan dengan tanggung jawab terhadap bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan,’’ paparnya. 

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) sebagai indikator pengelolaan lingkungan hidup untuk menilai kinerja program perbaikan kualitas lingkungan hidup. Model penyusunan IKLH dengan mengukur tiga komponen terkait. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: