Kegiatan Festival Pesona Budaya Danau Lebar Mukomuko Diusulkan Jadi Agenda Tahunan Daerah

Kegiatan Festival Pesona Budaya Danau Lebar Mukomuko Diusulkan Jadi Agenda Tahunan Daerah

Festival Pesona Budaya Danau Lebar Mukomuko-Dok-radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Meski perdana, acara  Pesona Budaya Danau Lebar yang digelar pada Minggu, 4 Maret 2024 lalu cukup mengesankan. Kegiatan Pesona Budaya  ini diusulkan masuk dalam bagian agenda tahunan daerah.

Betapa tidak, Pesona Budaya Danau Lebar diwarnai dengan konsep kirab budaya tersebut sempat memukau. Pengunjung dapat menyaksikan secara langsung keanekaragaman corak seni budaya etnis. Mulai dari kostum adat, keberagaman kesenian tradisional hingga pernak pernik seni budaya daerah.

‘’Kita berharap gelaran Pesona Budaya Danau Lebar ini menjadi agenda festival daerah dan dapat dilaksanakan setiap tahunnya seperti layaknya festival Danau Nibung,’’ ungkap Wakil Ketua II DPRD Mukomuko, Nopiyanto.

Nopiyanto meminta pemerintah daerah untuk mempertimbangkan kegiatan Festival Budaya Danau Lebar masuk agenda tahunan lantaran mempertimbangkan antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan tersebut. 

BACA JUGA:Langkah 5 Pejabat Plt Ini Diprediksi Mulus Menuju Kursi Eselon Dua Mukomuko

‘’Walaupun ini perdana, hemat kami masyarakat sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Mereka rela menguras tenaga, pikiran dan bahkan materi untuk mematangkan persiapan. Ini patut kita hargai dan kita perjuangkan agar festival ini menjadi bagian icon daerah,’’ kata Nopiyanto.       

Penyelenggaraan Festival Pesona Budaya Danau Lebar di kawasan Danau Lebar Setia Budi dihadiri ribuan pengunjung. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Mukomuko, Wasri. 

Adapun peserta festival melibatkan elemen masyarakat dan Pemerintah Desa Setia Budi, Kecamatan Teras Terunjam, Kabupaten Mukomuko

Tak kalah penting, penyelenggaraan kegiatan tersebut yang turut dihadiri Ketua DPRD M. Ali Saftaini, SE dan Wakil Ketua II DPRD Mukomuko, Nopiyanto, SH serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tersebut juga didukung penuh oleh Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Mukomuko dan Diskominfo Mukomuko. 

BACA JUGA:Ramadhan 1445 H, Ini Lokasi Ngabuburit Pilihan Bikin Asyik di Mukomuko

Wakil Bupati Mukomuko Wasri, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa Festival Budaya Danau Lebar harus terus dilestarikan. Di samping mengangkat nilai seni dan budaya daerah, juga bagian dari upaya untuk melestarikannya. 

‘’Atas nama pemerintah daerah, mendukung penuh pelaksanaan festival ini. Kegiatan ini tak lebih dari bagian atau cara membangkitkan serta melestarikan nilai seni budaya daerah,’’ ujarnya. 

Wakil Bupati Mukomuko, Wasri pada kesempatan itu juga mengimbau masyarakat untuk terus senantiasa mendukung pembangunan dari semua bidang. Di samping itu, ia juga menitipkan pesan agar masyarakat senantiasa menjaga kerukunan dan terus membangkitkan nilai semangat gotong royong. 

‘’Jadikan momen Festival Budaya Danau Lebar ini untuk membangkitkan semangat perjuangan dan kebersamaan. Yang terpenting lagi, terus dukung pembangunan, wujudkan lingkungan masyarakat yang rukun dan terus membangun semangat gotong royong,’’ demikian Wasri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: