Asesmen Seleksi JPT Pratama Pemkab Mukomuko Diikuti 18 Peserta

Asesmen Seleksi JPT Pratama Pemkab Mukomuko Diikuti 18 Peserta

Asesmen Seleksi JPT Pratama Pemkab Mukomuko Diikuti 18 Peserta-Ibnu Rusdi-radarmukomuko.com

BACA JUGA:1000 Menu Makan Gratis HUT ke 21 Mukomuko Laris Manis

BACA JUGA:Upacara dan Arakan Nasi Kunyit HUT ke 21 Kabupaten Mukomuko Berlangsung Sukses

Perlu diketahui, tes psikologi ini sebagai upaya untuk mengukur kejiwaan calon pejabat pada posisi jabatan tertentu sesuai dengan yang didaftarkan atau dilamar. 

Kemudian, Problem Analysis (PA), adalah simulasi yang menghadapkan peserta seleksi pada proses dalam memahamai masalah nyata dan kebutuhan, serta merancang solusi abstrak terhadap permasalahan tersebut. 

Misalnya, kandidat calon pejabat diberi peran sebagai pejabat yang harus memberikan rekomendasi atas kasus yang diberikan, serta mempresentasikan rekomendasinya kepada assessor. Tujuannya ialah untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai suatu masalah dari akarnya, sebelum akhirnya memulasi suatu perubahan agar suatu permasalahan dapat selesai.

Leaderless Group Discussion (LGD), kandidat peserta akan dikelompokkan menjadi dan diberikan kasus tentang masalah dalam periode tertentu. Kandidat kemudian diminta untuk mendiskusikan masalah dan mempersiapkan rekomendasi tertulis yang didukung oleh semua peserta. Dengan LGD, kamu dapat melihat bagaimana kandidat memimpin dan memengaruhi orang lain, dan bagaimana kandidat beradaptasi dengan suatu permasalahan yang diberikan dengan cepat, lho!

Dalam In-Tray/Basket Simulation, kandidat akan diberikan peran sebagai orang yang memegang jabatan yang dilamarnya atau pekerjaan masa depannya, kandidat harus melakukan sejumlah tugas tanpa diberikan panduan dari perusahaan tersebut. Misal, kandidat diberikan tugas untuk menjawab email perusahaan atau mempresentasikan diagram/chart hasil penjualan perusahaan, dan lainnya. Dengan In-Tray/Basket Simulation, perusahaan ingin melihat apakah kandidat cocok dengan tugas-tugas dan goals dari pekerjaan.

Sementara untuk wawancara, peserta seleksi langsung akan berhadapan dengan tim penguji sebagaimana di wawancarai dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan. 

Adapun seleksi JPT Pratama yang diselenggarakan Pemkab Mukomuko pada awal tahun 2024 ini, untuk pengisian 9 posisi jabatan eselon II yang masih kosong. 

- Staf ahli bupati bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan

- Kepala Badan Keuangan Daerah atau BKD 

- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)

- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko

- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)

- Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: