Budidaya Ikan Mulai Digemari Masyarakat Mukomuko, Produksi Meningkat, Dukung Asupan Gizi dan Ketahanan Pangan

Budidaya Ikan Mulai Digemari Masyarakat Mukomuko, Produksi Meningkat, Dukung Asupan Gizi dan Ketahanan Pangan

Budidaya Ikan Mulai Digemari Masyarakat Mukomuko, Produksi Meningkat, Dukung Asupan Gizi dan Ketahanan Pangan -Istimewa-radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Usaha budidaya ikan air tawar mulai digemari masyarakat Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. 

Usaha budidaya ikan air tawar, di samping sumber ekonomi baru masyarakat, juga mendukung program pemenuhan asupan gizi dan penguatan ketahanan pangan nasional. 

Fakta membuktikan, saat ini tercatat lebih kurang 224 kelompok masyarakat di daerah ini bergerak di bidang usaha budidaya perikanan air tawar. Umumnya, mereka memanfaatkan lahan pekarangan. 

Seiring dengan banyaknya pelaku usaha, produksi budidaya perikanan mengalami peningkatan. 

Di tahun 2023, Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko mencatat jumlah ikan air tawar dari hasil produksi perikanan budidaya kelompok masyarakat mencapai 7.956 ton. 

BACA JUGA:Yuk Simak, Inilah Tanda Bahwa Selama Ini Kamu Hanya Dijadikan Second Choice Olehnya

BACA JUGA:Gelar Reses Masa Sidang Pertama, Muharamin Diserbu Masyarakat

Hasil produksi perikanan budidaya yang tercatat pada Dinas Perikanan, dihimpun dari laporan kelompok masyarakat pembudidaya ikan air tawar binaan pemerintah daerah setempat.

‘’Jumlah produksi perikanan ini dihimpun kelompok pembudidaya ikan air tawar di Kabupaten Mukomuko tahun 2023,’’ kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Eddy Aprianto, SP., M. Si melalui Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Fitra Juliatmi di Mukomuko, Minggu, 4 Februari 2024.  

Fitra mengatakan, produksi ikan air tawar yang dihasilkan petani pembudidaya di tahun 2023, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Di tahun 2022, capaian produksi ikan air tawar dari usaha kelompok perikanan budidaya sebanyak 7.000 ton. 

‘’Jumlah produksi sedikit melampaui target. Tahun 2023, target produksi sebanyak 7.878 ton dan capaian 7.956 ton,’’ imbuhnya. 

Capaian target produksi juga dipengaruhi adanya penambahan jumlah pelaku usaha perikanan budidaya ikan air tawar.

BACA JUGA:Reses Fitri Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Disambut Antusias Masyarakat

BACA JUGA:Waka I DPRD Mukomuko dan Dewan PAN Berdamai, Isu Hamili Staf Dipastikan Hoax

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: