Jangan Sampai Salah Paham! Ini Dia Beda dan Bahaya Kolesterol dan Trigliserida Tinggi dalam Darah

Jangan Sampai Salah Paham! Ini Dia Beda dan Bahaya Kolesterol dan Trigliserida Tinggi dalam Darah

Jangan Sampai Salah Paham! Ini Dia Beda dan Bahaya Kolesterol dan Trigliserida Tinggi dalam Darah-Ilustrasi-Berbagai Sumber

Trigliserida disimpan dalam jaringan lemak sebagai cadangan energi. 

Trigliserida juga dibawa oleh lipoprotein dalam darah, tetapi jenisnya berbeda dengan kolesterol. Trigliserida dibawa oleh lipoprotein sangat rendah densitas (VLDL) dan lipoprotein sisa (remnant). 

VLDL dan remnant dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, karena dapat merusak lapisan dalam pembuluh darah dan meningkatkan peradangan.

Kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pola makan, aktivitas fisik, berat badan, usia, jenis kelamin, genetik, dan kondisi kesehatan lainnya. Kadar kolesterol dan trigliserida yang normal adalah sebagai berikut:

- Kolesterol total: kurang dari 200 mg/dL

- LDL: kurang dari 100 mg/dL

- HDL: lebih dari 40 mg/dL untuk pria dan lebih dari 50 mg/dL untuk wanita

- Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL

BACA JUGA:Mengenal Penyakit Tipes dan Gejala Awal yang Jarang di Kenali, Salah Satunya Dianggap Demam Biasa

Untuk mengetahui kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, Anda dapat melakukan pemeriksaan darah rutin setiap 5 tahun sekali, atau lebih sering jika Anda memiliki faktor risiko. 

Jika kadar kolesterol dan trigliserida Anda tinggi, Anda harus melakukan beberapa langkah untuk menurunkannya, seperti:

- Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, dan gula, seperti daging berlemak, gorengan, mentega, keju, kue, permen, dan minuman manis. Makanan-makanan ini dapat meningkatkan kadar LDL dan trigliserida dalam darah, serta menurunkan kadar HDL.

- Meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh, serat, dan antioksidan, seperti ikan, kacang-kacangan, sayur, buah, dan biji-bijian. 

Makanan-makanan ini dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida dalam darah, serta meningkatkan kadar HDL.

- Berolahraga secara teratur, minimal 30 menit sehari, 5 kali seminggu, dengan intensitas sedang hingga tinggi, seperti berjalan cepat, bersepeda, berenang, atau aerobik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: